Review Manga The Count Of Monte Cristo | Ulasan Singkat Bahasa Indonesia

Kisah keberanian, balas dendam, romansa, dan pengkhianatan yang dialami Edmond Dantes. Cek ulasan singkatnya di blog @ezfileid.net

"Kita harus merasakan apa itu kematian, agar kita bisa menghargai nikmatnya kehidupan."

- Edmond Dantes, The Count of Monte Cristo

Review Manga The Count Of Monte Cristo

// Deskripsi


Judul: The Count of Monte Cristo
Alias: Monte Cristo Hakushaku, The Earl of Monte Cristo, モンテ・クリスト, 伯爵 基督山伯爵
Author: Ena Moriyama (Story & Art) - Alexandre Dumas (Original Novel Author)
Genre: Action, Drama, Ecchi, Mystery, Psychological, Seinen
Tanggal Rilis: 3 Oktober 2014
Total Chapter: 12 (Tamat)
Skor MAL: 7.73 (695 users)

// Sinopsis

Adaptasi dari novel Alexandre Dumas The Count of Monte Cristo. Berlatar waktu sebelum Napoleon kembali berkuasa. Kisah petualangan ini meliputi cobaan dan kesengsaraan Edmond Dantès. Setelah dia dipenjara secara tak adil dihari pernikahannya. Edmond menyusun rencana yang mengarah pada pelariannya, tumpukan harta karun, dan identitas baru: Pangeran Monte Cristo. Ini adalah kisah keberanian, balas dendam, romansa, dan pengkhianatan!

// Review/Ulasan Singkat

Novel The Count of Monte Cristo termasuk novel dengan popularitas tinggi. Fakta bahwa saya belum membacanya merupakan hal yang sangat disayangkan. Beberapa waktu lalu, saya menemukan manga ini yang merupakan adaptasi novel populer tersebut. Dari membaca sinopsisnya saja sudah membuat saya sangat tertarik. Bagaimana tidak, saya merupakan orang yang suka dengan cerita fiksi yang berkaitan dengan sejarah asli, seperti novel berjudul Syahid Samurai karya Afifah Afra Amatullah.

Awal membaca tiga chapter, saya sudah merasa bahwa ceritanya berjalan terlalu cepat, sehingga banyak hal yang belum terjelaskan. Disamping hal itu, cerita tetap berjalan baik dan semakin membuat saya tertarik. Saya sempat berpikir "Wah dulu ngapain aja ya, bisa-bisanya manga ini baru dibaca!". Namun setelah saya telusuri lebih lanjut, ada hal yang membuat saya kaget. Hal itu ialah sangat disayangkan sekali, bahwasanya manga ini telah tamat dan hanya memiliki 12 chapter secara keseluruhan. Bahkan, awalnya pihak editor hanya meminta sang author, Ena Moriyama agar menamatkan adaptasi ini dalam total 7 chapter dari keseluruhan novel yang berjumlah 7 bab. Mengetahui hal itu, sayapun menjadi agak kecewa karena sudah dipastikan banyak hal yang dilewati dalam manga ini.

Dari segi cerita, author berhasil menuangkan pengembangan penuh sang karakter utama dengan baik meskipun dipercepat. Saya bisa merasakan perubahan sifat sang karakter utama yang disertai hasrat terbesarnya, hal yang dipilihnya, kekejamannya, rasa bersalahnya, kebaikannya, dan perasaannya. Selain karakter utama, karakter-karakter pendukung lainnya juga terekspos dengan baik. Author benar-benar mempersingkat novel aslinya tanpa mengurangi hal-hal penting di dalamnya.

Dari segi art, author juga berhasil menuangkan keindahan dan grafis yang memukau. Hal inilah yang mendukung cerita yang sangat disingkat ini dapat dirasakan secara menyeluruh ketika membaca. Author juga menempatkan latar belakang dan detail pada scene-scene yang sangat sesuai, sehingga suasana dalam cerita dapat tersampaikan. Sebuah art manga yang diatas standar, bahkan di tahun 2021 ini.

Mohon diingat, manga ini mempunyai konten ecchi 18+ di dalamnya. Tidak disarankan untuk dibaca remaja di bawah umur.

Nilai Pribadi: 8.00 [S]

// Trivia:

  • Ena Moriyama diminta editornya untuk menamatkan The Count of Monte Cristo dalam 7 chapter. Ena merasa hal itu terlalu sulit dan hanya bisa meringkasnya menjadi 12 chapter, meski begitu editor tetap menyetujuinya.
  • Ada manga lain yang mengadaptasi novel The Count of Monte Cristo, yaitu berjudul Gankutsuou. Faktanya, manga tersebut telah diadaptasikan ke bentuk anime (2004) dan mempunyai skor MAL sebesar 8.17 dari 60 ribu user lebih.
  • Cerita pada manga dan anime Gankutsuou tidak hanya berpusat pada Edmond Dantes, namun juga pada putranya Mercedes, Albert de Morcerf dan sahabatnya Franz.

Kunjungi Daftar Isi untuk melihat ulasan-ulasan lainnya.

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain