Rekomendasi Anime Underrated Terbaik - Update Terbaru 2021

Anime underrated biasanya jarang diketahui dan diperbincangkan oleh para anime lovers. Namun beberapanya juga mempunyai cerita yang masterpiece.

    Apa sih anime underrated itu? Sesuai namanya, underrated berarti nilainya (rating) dibawah rata-rata. Acuannya yaitu dari rating MAL atau myanimelist.com. Beberapa faktor dapat membuat suatu anime menjadi underrated, salah satunya yaitu kemungkinan akan ketidaksesuaian pada selera pasar. Itu loh, kan biasanya anime yang rame itu anime yang viral, yang banyak diperbincangkan sama penonton dan netizen.

    Nah, biasanya anime-anime underrated ini jarang dibahas dan bahkan jarang diketahui. Namun, bukan berarti anime-anime underrated artinya tidak seru. Bahkan, beberapa anime underrated juga saya anggap sebagai masterpiece. Namun hal itu hanya dianggap oleh beberapa orang saja, tidak secara umum. Oleh karena itulah disebut underrated.

    Jadi, jika kamu sudah bosan akan selera pasar, atau selera publik yang biasanya hanya ramai diperbincangkan saat masih tayang, maka kamu dapat mencoba untuk menonton beberapa anime underrated. Siapa tahu kamu akan cocok dengan salah satu animenya, sehingga kamu dibuat terkagum-kagum setelah menonton. Perasaan seperti "Wah, kok saya baru nonton anime ini, ya?" dapat kamu alami setelah menonton.

    Nah, di bawah ini saya rangkum 10 judul lebih dari anime underrated terbaik yang pernah saya tonton, dan tentunya akan selalu diperbarui. Anime-anime ini saya bilang underrated karena ratingnya di MAL di bawah poin 7 namun menurut saya masih worth it untuk ditonton. Selamat membaca!

Daftar Anime Underrated Terbaik yang Jarang Diketahui

// Ryuugajou Nanana no Maizoukin (2011)

⎆ Genre : Comedy, Supernatural
⎆ Skor MAL : 6.59 dari 3.202 users
⎆ Sinopsis : Menceritakan tentang Juugo Yama yang baru saja pindah ke sebuah sekolah yang terletak di Nanaejima, sebuah pulau buatan yang dibuat sebagai “Special Student Zone”. Dengan kondisi keuangan yang terbatas dia memutuskan untuk menyewa apartemen termurah yang bisa ditemuinya, tapi siapa sangka keputusannya itu membawa dirinya berhadapan dengan serangkaian petualangan.
    Di apartemen barunya ini dia bertemu dengan Nanana Ryuugajou, cewek cantik, kelewat optimis tapi juga seorang NEET yang terbunuh secara misterius di pulau tersebut hingga akhirnya menjadi ‘arwah penasaran’ yang tidak bisa keluar dari kamar yang sekarang menjadi kamar Juugo dimana dirinya menghabiskan waktunya dengan bermain game sepanjang hari dan hanya bisa makan puding.
⎆ Catatan : Cerita berpusat pada MC kita yang kismin, dan keajaiban pun terjadi. Ia bertemu hantu kaya raya yang menyembunyikan hartanya di tempat-tempat tertentu. MC kita yang butuh duitpun mencoba mencarinya, namun si hantu yang menyembunyikannya justru tak mau membantu. Begitulah, cerita petualangan MC kita dimulai.
    Sebenarnya tidak ada yang terlalu spesial dengan anime underrated ini. Tapi, untuk anime yang terkesan jadul, grafiknya sudah sangat bagus di masanya. Ceritanya juga cukup unik, meskipun kebanyakan orang mungkin tidak menyukainya. Sayangnya, dengan jumlah episode sebanyak 13, anime ini dieksekusi dengan kurang baik sehingga membuat penonton cenderung kebingungan dengan jalan ceritanya. Beberapa hal masih tidak dijelaskan, sehingga menyisakan banyak plot hole. Meski begitu, anime ini cukup enjoyable untuk ditonton. Silahkan kamu cicipi 1-2 episode terlebih dahulu, lalu tentukan sendiri apakah ingin melanjutkan atau tidak.
⎆ Trailer :

// Gokukoku no Brynhildr (2014)

⎆ Genre : Drama, Mystery, Sci-Fi, Seinen
⎆ Skor MAL : 6.91 dari 143.779 users
⎆ Sinopsis : Murakami Ryouta masih didera perasaan bersalahnya atas kematian teman masa kecilnya yang bernama Kuroneko (Kuroha Neko), seorang gadis hasil eskperimen sekelompok ilmuwan, yang memiliki kekuatan yang diluar akal manusia. Perjumpaan mereka kemudian membawa Ryouta untuk memahami kenyataan kejam dibalik kekuatan Neko dan teman-temannya: atas ganti kekuatan yang diperoleh, mereka harus bergantung pada sebuah obat yang dapat memperpanjang hidup mereka sehari, serta sebuah alat yang tertanam di leher mereka. Ditengah usahanya mencari kebenaran akan masa lalunya dan Neko, mereka harus berhadapan dengan para ilmuwan, yang berusaha menangkap Neko dan teman-temannya, serta membuhuh mereka.
⎆ Catatan : Anime ini terkesan campur aduk dan tidak jelas, namun dibalik itu semua ada sebuah premis cerita yang menakjubkan. Bagaimana tidak, ada adegan gore yang terlalu berlebihan, ada unsur komedi yang standar, ada hubungan romansa yang b aja, ada pula sebuah drama yang membuatmu merasa terkesima. Meski begitu, anime ini cukup bagus dibandingkan anime-anime bergenre misteri pada umumnya. Overall, masih worth it untuk ditonton. Namun, anime ini tidak cocok untuk anak kecil dibawah 17 tahun, karena dapat mempengaruhi prikologikalnya. Jadi, pastikan kamu sudah punya KTP sebelum menonton, ya!
⎆ Trailer :

// Glasslip (2014)

⎆ Genre : Romance, Slice of Life, Supernatural
⎆ Skor MAL : 5.43 dari 69.246 users
⎆ Sinopsis : Keluarga Touko Fukami yang menjalankan bisnis kaca bekerja di sebuah kota pantai kecil bernama Hinodehama (日乃出 浜, "Sunrise Beach"). Dia bergaul dengan empat sahabatnya di sebuah kafe yang disebut Kazemichi (カ ゼ ミ チ, "Jalur Angin"). Selama liburan musim panas tahun senior mereka di sekolah tinggi, mereka bertemu seorang pelajar transfer bernama Kakeru Okikura, yang mengklaim bahwa suara dari pembicaraan masa depan dia, dan yang telah membawanya ke toko.
⎆ Catatan : Menceritakan kisah asmara seorang gadis muda yang mempunyai standar cita-cita biasa saja. Yups, alur ceritanya terkesan biasa saja, namun sangat jarang terdapat alur cerita seperti pada anime glasslip ini. Meski terdapat unsur supernatural, nilai kehidupan yang dibagikan anime ini terasa begitu nyata. Saran saja, mungkin anime ini akan terasa lebih berkesan jika kamu menontonnya saat bingung untuk menentukan masa depanmu, seperti saat kelas 3 SMP atau SMA dimana kamu akan dihadapkan dengan pilihan yang berakibat besar akan kehidupanmu nantinya.
⎆ Trailer :

// Aldnoah Zero 2nd Season (2015)

⎆ Genre : Action, Mecha, Sci-Fi, Space
⎆ Skor MAL : 6.96 dari 165.536 users
⎆ Sinopsis : Tahun 2016, setengah tahun setelah pembunuhan putri Asseylum Vers Allusia. Meskipun status Slain Troyard adalah seorang Terran, ia kini mendapatkan kedudukan sebagai salah satu Ksatria Mars (Orbital Knight). Sedangkan di bumi, sebuah kapal milik kerajaan Vers bernama Deucalion ditemukan. Pasukan bumi mulai mengumpulkan para tentara serta anggota baru demi menghadapi perang. Meski sudah berlangsung cukup lama, pertempuran antara bumi - mars belumlah berakhir.
⎆ Catatan : Wah, kalau dibilang anime ini underrated karena jarang ada yang ngomongin, sepertinya salah besar, deh! Ya, anime ini sangat viral ketika masih tayang, dan bahkan ketika ada yang mendiskusikannya di forum-forum sekarang ini, maka akan banyak orang yang berkomentar. Namun, kenapa anime ini menjadi underrated? Sebenarnya, anime ini mempunyai plot cerita yang termasuk masterpiece, didukung dengan grafik yang memanjakan mata. Di musim pertama-pun, aldnoah zero mendapat skor 7.43 dari 245.169 user.
    Namun, beda lagi pada musim kedua. Aldnoah zero hanya mendapat skor seperti yang tertera. Hal ini dikarenakan banyaknya penggemar yang merasa kecewa atas hubungan asmara antar tokoh dalam cerita. Namun, mohon diingat, dalam genre-pun tidak dituliskan adanya unsur romansa di anime ini. Meski begitu, nyatanya hubungan asmara antar tokoh terbilang cukup kental, namun tidak berakhir dengan baik. Hal inilah yang disayangkan oleh para fans. Overall, anime ini highly recommended, terutama bagi kamu yang suka genre mecha.
⎆ Trailer :

// Taimadou Gakuen 35 Shiken Shoutai (2015)

⎆ Genre : Action, Ecchi, Fantasy, Harem, Military, Romance, Supernatural
⎆ Skor MAL : 6.88 dari 118.799 users
⎆ Sinopsis : Dunia dimana sihir merupakan suatu hal yang jahat dan harus disingkirkan. Takeru Kusanagi masuk ke Akademi Anti Sihir demi membayar hutang orang tua dan meneruskan kehidupan adik kecilnya. Karena itu Takeru ingin menjadi agen bergaji tinggi dan naik pangkat. Tapi kenyataan berkata lain. Sudah setengah tahun semenjak kehidupan sekolahnya berjalan. Tetapi Takeru yang merupakan ketua dari skuad 35 dengan 2 anggota lainnya, tidak punya poin sama sekali dalam skuadnya. Nama lain skuad 35-nya itu adalah skuad payah
⎆ Catatan : Jika sekarang anime bergenre isekai sangat sering dijumpai, maka pada tahun 2017 ke bawah anime bergenre harem, ecchi, dan action dimana sang MC merupakan karakter overpowered (OP) yang laku keras di pasaran. Namun tidak begitu dengan anime yang satu ini. Skuad pleton ke-35 merupakan anime harem mainstream, namun kehidupan si MC dapat membuat kita sebagai penonton cukup merasakan kesedihannya.
    Itulah yang membuat anime ini sedikit berbeda dari anime-anime harem lainnya. Namun hanya itu perbedaannya, selebihnya ceritanya cukup mainstream. Ngomong-ngomong, anime ini cukup memasuki suasana yang serius pada episode-episode terakhirnya, namun endingnya tidak terlalu berkesan.
⎆ Trailer :

// Netoge no Yome wa Onnanoko ja Nai to Omotta? (2016)

⎆ Genre : Game, Comedy, Romance, Ecchi, School
⎆ Skor MAL : 6.80 dari 206.587 users
⎆ Sinopsis : Hideki Nishimura mengajak menikah player perempuan di Game Online. Namun, player perempuan yang ia ajak menikah dalam game online ternyata laki-laki di dunia nyata. Dia Trauma karena tertipu oleh seorang laki-laki dengan chara perempuan, dan itu membuatnya bersumpah tidak akan mempercayai wanita selain dalam dunia nyata.
    Setelah 2 tahun berlalu, Hideki diajak nikah oleh seorang player perempuan di dalam game dan ternyata dia benar-benar seorang gadis cantik di dunia nyata bernama Ako Tamaki. Ako tidak bisa membedakan antara dunia online dan realitas, dan dia adalah seorang penyendiri yang memiliki kesulitan berkomunikasi. Hideki dan teman-temannya dari guild online memutuskan untuk bekerja sama dalam mengatasinya.
⎆ Catatan : Anime ini mempunyai jalan cerita yang mudah ditebak seperti anime-anime genre romcom pada umumnya. Namun jangan salah, saya memasukkannya kedalam daftar anime underrated terbaik ini karena pesan moral dari anime ini sangat bermanfaat bagi kamu yang terjebak di zona nyaman dan menjadi jones yang nolef. Salah satu pesan moral utama yang disampaikan anime ini yaitu, jangan pernah nge-simp di game online!
⎆ Trailer :

// Big Order (2016)

⎆ Genre : Action, Shounen, Super Power
⎆ Skor MAL : 5.38 dari 87.676 users
⎆ Sinopsis : Sepuluh tahun silam, Hoshimiya Eiji bertemu dengan DAISY, gadis misterius yang memberikan kekuatan super Order kepada sejumlah orang berdasarkan keinginan mereka, namun karena tidak mampu mengendalikan kekuatannya, Eiji kemudian menyebabkan bencana yang nyaris menghancurkan seluruh dunia.
⎆ Catatan : Sekilas, anime ini mirip seperti anime berjudul Btoom! dan Mirai Nikki. Dan ternyata, anime ini memang dari author yang sama seperti Mirai Nikki (pantesan auranya agak kelam-gimana gitu). Overall, anime ini cukup enjoyable untuk ditonton, baik dari segi drama maupun aksinya. Saya juga agak bingung kenapa anime ini ratingnya jelek banget. Mungkin endingnya yang terlalu dipaksakan kali, ya? Atau karena mereka menyelipkan adegan incest di dalamnya? Entahlah...
⎆ Trailer :

// Rewrite (2016)

⎆ Genre : Action, Comedy, Supernatural, Romance, School
⎆ Skor MAL : 6.68 dari 72.591 users
⎆ Sinopsis : Tennouji Kotaro, seorang pemuda yang memiliki kekuatan untuk menulis ulang kemampuan tubuhnya, dia bisa menjadi lebih kuat ataupun lebih cepat sesuai dengan kemauannya.
⎆ Catatan : Rewrite sangat jarang dibicarakan di kalangan anime lovers Indonesia. Padahal, anime ini diangkat dari novel visual besutan Key. Itu loh, yang ahlinya bikin baper. Mungkin memang benar bahwa anime ini kurang seru, namun sebagai pondasi bagi musim keduanya, anime ini sangat berpengaruh. Jika kamu menonton tergesa-gesa pada musim pertama rewrite, maka kamu akan kurang dapat menikmati musim keduanya, yang terbilang sangat seru dan sangat direkomendasikan!
⎆ Trailer :

// Fuuka (2017)

⎆ Genre : Drama, Ecchi, Music, Romance, School, Shounen
⎆ Skor MAL : 6.53 dari 113.472 users
⎆ Sinopsis : Yuu Haruna, anak dari desa yang bermigrasi ke ibukota. Punya hubungan jarak jauh tanpa status dengan penyanyi terkenal Koyuki Hinashi. Pada hari-hari pertamanya di ibukota, ia ditabrak oleh Fuuka Akitsuki, yang tanpa malu-malu membanting ponselnya.
⎆ Catatan : Fuuka, anime romance berbalut musik. Dalam dunia nyata, biasanya seniman musik kebanyakan mengalami permasalahan dalam hubungan asmaranya. Lihat saja di televisi, gosip-gosip percintaan selalu menghiasi di antara para musisi. Begitupun pada anime berjudul Fuuka ini. Ceritanya berpusat pada drama cinta segitiga si protagonis, yang bagi saya sangat memuakkan kala itu. Saya sendiri termasuk orang yang kurang suka dengan MC di sini, namun mungkin hal itulah yang membuat anime ini menjadi cukup berkesan.
⎆ Trailer :

// Gamers! (2017)

⎆ Genre : Game, Comedy, Romance, School
⎆ Skor MAL : 6.88 dari 272.286 users
⎆ Sinopsis : Keita Amano adalah seorang maniak game yang penyendiri. Ketika dia sedang berbelanja di sebuah toko game, dia bertemu dengan Tendou Karen, gadis idola sekolah, yang ternyata juga seorang maniak game. Tendou kemudian mengajaknya untuk bergabung dalam Klub Game SMA Otobuki, bersama seseorang lainnya bernama Misumi Eiichi.
    Ini adalah cerita keseharian Amano sebagai seorang pecandu game bersama dengan gamers lain yang ada disekitarnya, Chiaki Hoshinomori yang terus berkelahi dengan Amano dan Tasuku Uehara terus mengejar dunia nyata, tapi sesungguhnya sangat menyukai game.
⎆ Catatan : Anime RomCom dengan unsur game di dalamnya. Namun jangan salah, unsur game hanyalah pelengkap, karena sisanya yaitu KESALAH-PAHAMAN! Kamu akan sering merasa gregetan ketika menonton, dan penasaran akan kelanjutannya. Recommended!
⎆ Trailer :

// Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka? (2017)

⎆ Genre : Romance, Sci-Fi
⎆ Skor MAL : 6.09 dari 71.513 users
⎆ Sinopsis : Cerita terjadi dalam sehari di sebuah musim panas. Sekelompok pemuda berencana menonton atraksi kembang api dari mercu suar, ingin tahu apakah kembang api itu bundar atau rata bila dilihat dari samping. Di tempat lain, Nazuna, sang idola kelas, meminta Norimichi, pemuda yang disukainya, untuk kawin lari. Apa nasib yang menunggu mereka di hari yang terus-menerus berulang ini?
⎆ Catatan : Menceritakan si MC yang terjebak dalam loop time akibat tidak bisa move on (makanya, kalau patah hati jangan keterusan, entar malah depresi)!
    Oh, ya! Soundtrack anime ini sangat enak didengar! Judulnya 『打上花火』- DAOKO × 米津玄師.
⎆ Trailer :

// Juuni Taisen (2017)

⎆ Genre : Action
⎆ Skor MAL : 6.55 dari 111.197 users
⎆ Sinopsis : Menceritakan 12 prajurit yang menyandang gelar sebagai anggota 12 Zodiak. Masing-masing prajurit bertarung dengan kehidupan mereka dan mempertaruhkan harga diri demi sebuah harapan. Air mata mengalir tak terbendung di medan perang berdarah yang penuh dengan konspirasi dan pembunuhan.
⎆ Catatan :Pertarungan yang epic, cerita yang berkesan, dan soundtrack yang cocok dengan temanya. Bagi kamu pecinta genre aksi, tinju-tinjuan, dan gore-gorengan, maka anime ini sangat direkomendasikan untuk ditonton. Satu hal lagi, ada plot twist yang mencengangkan.
⎆ Trailer :

// A.I.C.O.: Incarnation (2018)

⎆ Genre : Action, Sci-Fi
⎆ Skor MAL : 6.60 dari 37.763 users
⎆ Sinopsis : Di Jepang pada tahun 2035, terjadi kecelakaan di sebuah proyek penelitian yang dikenal sebagai “Burst”. Hal tersebut membuat kehidupan-buatan jadi tak terkontrol dan menyebar ke seluruh Kurobe Gorge.
    Kota penelitian yang sebelumnya dipuji-puji sebagai harapan kemanusiaan kini ditutup pemerintah. Dua tahun kemudian, Tachibana Aiko yang kehilangan keluarganya di Burst, belajar sesuatu yang luar biasa dari murid baru bernama Kanzaki Yuuya.
    Untuk mengungkap berbagai misteri, dia memutuskan untuk menyusup ke area terlarang bersama tim penyelam dan Yuuya. Namun, mereka kemudian menyadari bahwa nasib umat manusia kini berada di tangan mereka.
⎆ Catatan : Anime ini memiliki grafis 3D yang cukup jarang ditampilkan pada anime, yang menurut saya menjadi nilai tambahnya karena memanjakan mata. Kelebihan lainnya yaitu ceritanya yang dijelaskan secara menyeluruh sehingga terasa realistis. Awal mula si kehidupan buatan yang seperti monster, bagaimana ia berkembang dan berakhir, serta kehidupan sang protagonis diceritakan dengan baik.
⎆ Trailer :

// Shichisei no Subaru (2018)

⎆ Genre : Action, Fantasy, Game, Sci-Fi
⎆ Skor MAL : 6.12 dari 37.007 users
⎆ Sinopsis : Union adalah sebuah game MMORPG yang populer dan didalamnya terdapat 'party' (semacam guild) legendaris bernama Subaru. Subaru berisikan teman masa kecil. Karena ada kematian dalam game Union, maka game Union ditutup. 6 tahun kemudian, Union dibuka kembali dengan nama baru yaitu Re'Union. Amou Haruto, seorang pemain lama Union dan sekaligus bekas anggota Subaru, log-in kedalam Re'Union karena ajakan temannya. Ketika Haruto log-in kedalam Re'Union, ia bertemu dengan teman masa kecilnya yang sudah tiada sekaligus anggota Subaru yaitu Asahi Kuga.
⎆ Catatan : Setelah membaca sinopsis, kamu pasti berpikir bahwa anime ini seperti perpaduan antara SAO dan Anohana, kan? Yups, memang seperti itu. Dari segi cerita, terkesan seperti terburu-buru, namun pada akhirnya endingnya menggantung, tidak seperti yang penonton harapkan. Mungkin, hal inilah yang menyebabkan rating dari anime ini jelek.
⎆ Trailer :

// 7 Seed (2019)

⎆ Genre : Adventure, Drama, Mystery, Psychological, Romance, Sci-Fi, Shoujo
⎆ Skor MAL : 6.55 dari 38.669 users
⎆ Sinopsis : Seri ini berlatar pada masa depan pasca kiamat—jauh setelah meteorit menabrak Bumi dan membuat spesies baru menjadi berkembang, dan mengisahkan tentang perjuangan lima kelompok remaja dewasa untuk bertahan hidup setelah mereka dibangkitkan kembali melalui pengawetan krionik.
⎆ Catatan : 7 Seed merupakan anime underrated yang paling saya sukai, karena mengandung unsur bertahan hidup (survival) di dalamnya. Namun mereka bukanlah melawan zombie, atau monster-monster post-apokaliptik yang mengerikan. Lawan mereka yang sebenarnya adalah alam, makhluk hidup yang telah berevolusi, dan kawanan mereka sendiri.
    Dari segi cerita, grafik, dan penokohan menurut saya bagus-bagus saja, tidak terlalu menyisakan kekurangan. Saat inipun, Netflix sudah memsatikan bahwa anime 7 Seed ini akan mendapat musim ketiga. Patut ditunggu!
⎆ Trailer :

// Kamisama ni Natta hi (2020)

⎆ Genre : Drama, Fantasy
⎆ Skor MAL : 6.83 dari 70.742 users
⎆ Sinopsis : Ketika orang lain menghabiskan waktu liburnya untuk bermain, berbeda dengan Youta Narukami yang menghabiskan waktunya untuk mempersiapkan ujian masuk ke universitas. Kala itu, seorang gadis tiba - tiba muncul dan menyatakan bahwa dirinya sebagai Dewa Kemahatauan. Youta bingung dan tidak mempercayai perkataan Hina bahwa "Dunia akan berakhir dalam 30 hari".
    Namun setelah menyaksikan kemampuan prediksi Hina, Youta mulai mempercayai kemampuan yang dimiliki oleh Hina. Entah kenapa Hina memutuskan untuk tinggal di rumah Youta. Maka dimulailah awal musim panas yang meriah sebelum dunia berakhir.
⎆ Catatan : Salah satu karya Jun Maeda si spesialis baper yang sangat ditunggu-tunggu oleh para fans. Namun ternyata, endingnya tidaklah sebaper seperti yang penonton inginkan. Intinya, penonton terlalu berekspetasi tinggi terhadap babang Jun ini, sehingga rating animenya jelek. Padahal, jalan cerita, penokohan, dan unsur komedinya juga bagus dan menghibur. Hanya saja endingnya yang kurang dieksekusi dengan baik.
⎆ Trailer :

------------

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain