Cara Menghubungkan Microphone Condenser ke Smartphone Android

Mikrofon Kondenser umumnya bersifat plug & play. Diperlukan OTG USB agar bisa disambungkan ke android. Berikut tutorial dan rekomendasi OTG USB-nya.

Pada umumnya mikrofon kondenser bersifat plug & play, yakni tinggal colokkan USB ke PC dan mikrofon sudah menyala dan bisa digunakan. Oleh karena itu, kebanyakan mikrofon kondenser hanya dibekali kabel USB saja, sehingga untuk menyambungkannya ke smartphone seperti android misalnya, diperlukan alat converter tambahan.

Baca juga: Rekomendasi 3 Mic Condenser Murah Berkualitas: Sades Orpheus, Fantech Leviosa, dan NYK Nemesis

Nah, alat converter itu disebut USB On The Go alias USB OTG. Dengan USB OTG, seluruh perangkat eksternal seperti keyboard, mouse, dan termasuk mikrofon bisa disambungkan ke smartphone, dengan syarat smartphone juga harus mendukung USB OTG tentunya. Tapi tenang saja, sejak 2018 kebanyakan handphone android sudah bisa membaca USB OTG. Jadi, kamu bisa cek sendiri apakah hape kamu sudah support atau tidaknya dengan mengingat tanggal beli lalu mengecek spesifikasinya di google (hehe).

Cara menyambungkan mikrofon kondenser eksternal ke android

Sebelum memulai, kamu harus sudah mempunyai USB OTG-nya terlebih dahulu. Kamu harus membeli USB OTG yang sesuai dengan tipe USB hape kamu. Misalnya android, ada dua tipe USB yang ada pada hp android ini. Pertama yaitu tipe mikro USB yang kebanyakan terdapat pada hp smartphone ini. Kedua yaitu USB type C yang kebanyakan muncul di android-android rilisan terbaru. Kamu bisa dengan mudah membedakannya, cukup dengan mengecek apakah colokan ke android kamu bisa dibolak-balik atau enggak. Jika bisa, maka android kamu memiliki USB type C, dan sebaliknya.

  1. Colokkan USB mikrofon ke USB OTG
  2. Colokkan USB OTG ke android kamu
  3. Mikrofon sudah dapat digunakan.
Yups, caranya sangat mudah sekali. Tinggal colok, dan bisa langsung dipakai. Hanya perlu USB OTG aja kok buat nyambungin mikrofon kondenser ke smartphone. Saya sudah membuktikannya dengan mikrofon kondenser bermerk Fantech Leviosa yang saya sambungkan ke hp android merk Oppo A5 2020. Hasilnya bagus, tidak mengurangi kualitas suara sedikitpun.

*Harap di ingat, mikrofon kondenser berbeda dengan mikrofon dinamik atau mikrofon biasa ya guys. Ngomong-ngomong, BM-800 itu bukan mikrofon kondenser, karena harus dipasangin sound card dulu baru mikrofonnya bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk menyambungkan mikrofon BM-800 ke android, dibutuhkan alat yang bernama audio splitter. Audio splitter ini dicolokin ke smartphone melalui lubang jack audio 3.5mm, bukan melalui USB. Sama halnya pada mic klip-on, bisa kamu sambungkan ke smartphone dengan audio splitter ini.

Rekomendasi USB OTG murah berkualitas dan tahan lama

Karena kita membutuhkan USB OTG untuk menyambungkan mikrofon kondenser ke android, maka antarmuka (interface) USB OTG-nya haruslah USB Female (buat dicolokin dari mikrofon) dan Mikro/Type-C Male (buat nyolokin ke androidnya). Harap berhati-hati saat membeli, jangan sampai keliru dan barang yang dipesan ternyata salah sehingga tidak terpakai!

Micro USB

// JY OTG Micro USB Konektor non kabel RGOT06

Produk dari joyseus yang super murah namun cukup powerfull. USB OTG ini berbentuk kecil mungil sehingga mudah dibawa dan tanpa menggunakan kabel. Jika ingin membeli, saya sarankan lebih dari satu. Soalnya barangnya kecil banget, jadi gampang ilang (wkwk).

// Orico CBT-UM OTG Micro USB to USB 3.0 Adapter

OTG USB dari Orico ini hadir dalam 2 varian warna, yaitu hitam dan silver. Bentuknya persegi panjang dengan bodi luar alumunium alloy case. Karena interface-nya sudah 3.0, jadi sudah pasti OTG USB ini mempunyai performa yang bagus di harga yang relatif murah.

USB-C (USB Type-C)

// Baseus Android OTG USB-TC Black

Bahan utamanya dari alloy alumunium sehingga tahan lama, ukurannya juga cukup kecil dan mudah dibawa. Selain berfungsi sebagai transmisi data, juga mendukung untuk fast charging dengan output 2.4A.

// UGREEN Original Adapter USB 3.1 Type C to USB 3.0 OTG

Harga yang mahal sebanding dengan fitur yang diberikan. Tentu saja, USB 3.0 yang bisa sampai 10x lebih cepat dari USB 2.0 dan juga USB-C yang sudah pasti lebih cepat dari Micro USB. Bentuk USB OTG dari UGREEN ini juga unik, seperti flashdisk yang bisa dipasangkan tali pengikat. Selain itu, durabilitas bahannya juga sudah standar, yakni dari alumunium sehingga tahan lama.

--------------

Nah, itulah cara menyambungkan microphone condenser ke android dan juga rekomendasi OTG USB yang murah berkualitas dan tahan lama untuk pemakaian jangka panjang. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain