DIJAMIN BAPER! Berikut Rekomendasi Film Sedih Korea Terbaik (Bag. 1)

Hai teman-teman semua, apa kabar? Tunggu-tunggu, biar saya tebak ya. Pasti kamu sekarang lagi galau, kan? Kamu banyak masalah? Habis ditinggalin nikah? Pengen nangis tapi gak bisa? Hmm, tenang-tenang. daripada galau terus mending luapin aja semuanya. Nih, saya kasih rekomendasi film-film buat pancingan ya. Setelah itu, silahkan menangis seharian FULL! Tapi, jangan lupa MOVE ON. Sedih boleh, keterusan jangan. Tunggu apa lagi, berikut daftarnya. Check it out!

Siapkan Tisu, Berikut Daftar Film Korea yang bakalan bikin kamu Nangis! (Part 1)

Temen-temen, karena daftar filmnya cukup banyak, jadi saya akan pisah menjadi dua bagian wokeh. Bagian pertama, yaitu artikel ini berisi daftar film yang rilis dari tahun 2003 sampai tahun 2013. Nah, bagian dua akan berisi daftar film yang rilis tahun 2014 sampai tahun 2021 sekarang.

TANPA SPOILER

Gaes, kalo mau nonton film terus dapet spoiler gimana sih perasaannya? Kalo saya pribadi sih, agak kurang suka, malah gak suka pake banget! Jadi, di setiap artikel rekomendasi pada blog ini, akan saya usahakan TANPA SPOILER, kalaupun ada akan saya sensor. Kalau saya lupa melakukannya, mohon diingatkan ya gaes. Thanks!

⇌ The Classic (2003)

Genre: Romance, Drama.

Sinopsis: Seorang mahasiswi secara tak sengaja menemukan sebuah buku harian yang berisi penuturan kisah mengejutkan tentang cinta segitiga yang melibatkan ibunya, calon ayahnya, dan sahabatnya.

Catatan: Saya menonton film ini setelah menonton versi remake-nya. Ternyata benar, versi aslinya yang dari Korea ini lebih menyentuh. Meski grafiknya terkesan jadul, namun pembawaan cerita dan karakternya sangat bagus, dan menurut saya lebih baik dari versi remake-nya.

⇌ Tae Guk Gi: The Brotherhood of War (2004)

Genre: Action, Drama, War.

Sinopsis: Mengisahkan tentang dua orang beradik yang saling melindungi dengan caranya masing-masing dari kejamnya medan perang.

Catatan: Sebuah film "lama" yang luar biasa dari segi cerita, drama, dan aksi perangnya. Plot twist dalam film ini cukup mengharukan, jadi siapkan diri kalian saat menonton.

⇌ A Moment be Remember (2004)

Genre: Drama, Romance

Sinopsis: Sepasang kekasih yang saling cinta mendapat ujian ketika Su-jin yang berusia 27 tahun terdiagnosis menderita penyakit Alzheimer yang langka. Ingatannya setiap hari berkurang sampai ia tidak mengingat pasangan yang sangat ia cintai, Chul-soo.

*FYI, film ini di remake dengan versi Filipina berjudul A Moment to Remember: Bea Alonzo & Alden Richards (2021).

Catatan: Ketika orang-orang yang sangat kita sayangi sakit atau menderita penyakit tertentu, disaat itulah kita mengalami rasa sedih yang teramat dalam. Semoga keluarga kita senantiasa diberi kesehatan ya, gaes!

⇌ Maundy Thursday (2006)

Genre: Drama, Romance.

Sinopsis: Seorang gadis yang depresi mulai mengunjungi pelaku pembunuhan yang menunggu hukuman mati disetiap hari kamis.

Catatan: Film dengan nilai yang agak "sesuatu", bukan sekedar drama dengan jalan cerita klise. Ada yang membuat kamu tepekur sesaat setelah nonton, berpikir bahwa memiliki seseorang di saat terburuk mungkin lebih membahagiakan daripada memiliki banyak orang di saat terbaik.

⇌ Hearty Paws (2006)

Genre: Family.

Sinopsis: Kisah hangat tentang sebuah keluarga yang beranggotakan seorang laki-laki, adik perempuannya, dan seekor anjing yang mereka adopsi ke dalam keluarga pada ulang tahun keenam saudara perempuan tersebut. Mereka menghadapi banyak kesulitan dan saudara itu mendapati dirinya dalam kehilangan yang memilukan dan membuat trauma. Dia menyalahkan ini pada anjingnya dan menemukan jalan ke ibunya yang meninggalkannya, tidak menyadari bahwa anjing itu adalah satu-satunya keluarga sejati yang tidak akan pernah meninggalkannya.

Catatan: Kali ini yang saya rekomendasikan bukanlah kisah percintaan pada umumnya, melainkan kisah kesetiaan seekor anjing pada keluarganya.

⇌ Hello Ghost (2010)

Genre: Comedy, Drama.

Sinopsis: Sang-Man, seorang pemuda yatim piatu, mencoba mengakhiri hidupnya. Namun upaya itu gagal dan akhirnya membuat dirinya didatangi satu keluarga hantu yang selalu mengikutinya kemana-mana.

Catatan: Kali ini merupakan film kocak yang bisa menghibur kamu dikala kesepian dan kegalauan melanda, tapi uh-oh... plot twist macam apa ini? Kenapa air mataku tiba-tiba mengalir?... (sosok novelis dari jiwa sang admin keluar).

⇌ Wedding Dress (2010)

Genre: Drama, Family.

Sinopsis: Seorang single mom, Ko-woon, didiagnosis menderita penyakit kanker stadium. Dia kemudian membuat persiapan untuk putrinya yang berusia sembilan tahun agar dapat hidup mandiri, sambil mengucapkan perpisahan ke orang-orang lain di sekitarnya.

Catatan: Kisah ibu dan anak yang bahagia, namun bahagia itu tak berlangsung selamanya.

⇌ Always/ Only You (2011)

Genre: Action, Drama, Romance.

Sinopsis: Kisah cinta yang berpusat pada mantan petinju Chul-min (So Ji-sub) dan telemarketer Jung-hwa (Han Hyo-joo). Jung-hwa telah menutup hatinya terhadap dunia namun dia tetap bersemangat meski perlahan kehilangan penglihatannya. Nasib mereka terjalin ketika masa lalu mereka terungkap dalam hubungan mereka yang berkembang.

*FYI, film ini sudah di remake dua kali, yang pertama versi Turki: Sedece Sen (2014) lalu versi Jepang: Your Eyes Tell (2020).

Catatan: WARNING! Film ini bisa membuat kamu SUSAH MOVE ON dan BAPER tingkat MAKSIMAL!!! Bahkan beberapa orang mengalami trauma menonton film serupa selama berminggu-minggu. Oleh karena itu, siapkan hati dan mental kamu sebelum menonton. Oh ya, sedikit saran dari saya, sebelum menonton filmnya silahkan tonton trailernya terlebih dahulu. Jika kamu menangis ketika menonton trailernya, maka lebih baik kamu tidak menonton filmnya. Sekian, terima kasih, dan jangan lupa siapkan tissue sebanyak mungkin.

*maaf gaes, ini cuma celotehan saya aja kok, jangan dianggap remeh serius, yaa!

⇌ A Werewolf Boy (2012)

Genre: Romance, Fantasy.

Sinopsis: Seorang wanita tua mengunjungi pondok desa tempat tinggalnya ketika masih kanak-kanak. Lima puluh tahun yang lalu, ia menemukan "anak lelaki serigala" yang bersembunyi di kegelapan. Perempuan itu mengajarinya menunggu makanannya dengan sabar, bagaimana berpakaian, berbicara, menulis dan kebiasaan manusia lainnya agar ia bisa hidup sebagai pria normal kelak. Anak lelaki itu jatuh cinta pada satu-satunya orang yang memberikan kasih sayang padanya. Namun ketika terdesak, insting hewannya keluar dan membuat penduduk desa ketakutan. Demi menyelamatkan anak lelaki yang mempertaruhkan nyawanya untuk berada di samping si perempuan, maka perempuan itu meninggalkannya dengan janji, "Tunggu aku. Aku akan kembali untukmu,".

Catatan: Kali ini saya gak bakal ngasih catatan lebih jauh tentang film ini, karena mungkin mempengaruhi perasaan kamu saat menonton. Yang pasti, siapkan tissue 2 pak, oke!

⇌ Miracle in Cell No.7 (2013)

Genre: Drama, Comedy.

Sinopsis: Kisah kehidupan seorang ayah cacat mental yang memiliki seorang putri cerdas berusia 6 tahun. Mereka berdua dipisahkan akibat tuduhan pembunuhan, yang berakhir dengan hukuman mati terhadap sang ayah.

*FYI, film ini mempunyai dua versi remake dari Turki dan Indonesia. Remake versi Turki berjudul Yedinci Kogustaki Mucize (2019) dan versi Indonesia mempunyai judul yang sama, Miracle in Cell No.7 (2021).

Catatan: Film ini cocok banget ditonton ketika kamu banyak masalah. Enggak meringankan masalahmu sih, tapi alur ceritanya yang hangat diselingi komedi membuatmu akan setidaknya melupakan masalah yang kamu hadapi. Ya, jika kamu menonton trailernya lebih dulu, kamu akan berpikir bahwa film ini film komedi, dan itu BENAR sekali! Film ini akan membuatmu tertawa dan tertawa, sampai tawaanmu berubah menjadi air mata.

⇌ Hope (2013)

Genre: Drama, Family.

Sinopsis: Mengisahkan tentang perjuangan Dong Hoon (Sol Kyung Gu), seorang ayah, yang menuntut keadilan dan menghilangkan rasa trauma kekerasan dan pemerkosaan yang dialami anaknya, So Won (Lee Re) (8 tahun)

Catatan: Kisah kekeluargaan dengan alur sedih kali ini disajikan oleh film dengan judul Hope. Film ini memberikan pandangan pelecehan dihadapan hukum yang kerap dianggap sepele. Realistis banget kan? Ya, karena film ini juga diangkat dari kisah nyata kasus pelecehan di Korea Selatan yang terkenal, "Nayeong Case".

--------

Bonus:

Udah bosan sedih melulu? Nih, saya kasih bonus biar kamu bisa move on, hehe.

⇌ My Girlfriend is an Agent (2009)

Genre: Action, Comedy.

Sinopsis: Komedi penuh aksi ini mengisahkan petualangan mata-mata terbaik Korea, Ahn Soo-Ji, yang patah hati setelah tunangannya yang kutu buku memutuskan hubungan mereka.

-----------------

Temen-temen pernah penasaran gak sih, kenapa film sedih identik dengan karakter yang penyakitan? Kalau menurut saya sih, ya karena itu memang menyakitkan. Maksudnya, ketika orang yang kita sayangi sedang kesakitan, kan kita juga ikut merasakan sakitnya, ya kan? (Kalau kamu jawab enggak. fix kita bukan teman!). Jadi, senantiasa bersyukur ya gaes, kita semua masih diberi kesempatan untuk hidup sampai bisa menonton film-film di atas.

Terima kasih udah berkunjung, stay strong ya. Jangan melamun dan galau terus, kuy bangkit, ambillah sekopmu dan marilah mengaduk bersamaku :)

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain