Sekelas Godzilla vs. Kong! Inilah Daftar Film Monster Terbaik 2021

Apakah kamu suka dengan film yang bertemakan monster? Jika iya, maka melihat daftar rekomendasi ini merupakan hal yang tepat. Film bertemakan monster cenderung mencekam dan menegangkan. Namun jangan samakan film pure monster dengan film pure horror. Maksud saya, ada beberapa film monster dengan genre horror, kan? Seperti film IT itu lho, kan badutnya itu termasuk monster, tapi penonton sudah dikenalkan sosok itu sebagai manusia. Nah, di sini saya tidak akan mencantumkan film dengan tema monster yang begitu. Namun "pure" tema monster, yang dari awal sudah dikenal sebagai monster, seperti film terbaru yang ramai diperbincangkan netizen saat ini, yaitu Godzilla vs Kong.

Nah, kali ini saya akan membagikan daftar rekomendasi film monster terbaik sampai yang terbaru tahun 2021 ini. Tanpa basa-basi lagi, langsung cek di bawah ini!

Rekomendasi film monster terbaik yang harus kamu tonton di tahun 2021

Nah temen-temen, daftar di bawah akan saya pisah menjadi film dengan satu universe/trilogi/dua film bersambung seperti memiliki sequel/prequel dan film kesatuan yang tidak ada sequel/prequelnya. Daftar filmnya saya urutkan berdasarkan tahun rilisnya guys. Untuk film mana yang benar-benar terbaik, saya kurang bisa menyimpulkannya. Namun, pada film-film di bawah yang sudah saya tonton, saya akan memberikan sedikit ulasan dan pengalaman saya ketika menonton di kolom catatan. Jadi, silahkan dibaca dan tentukan sendiri mana yang seru buat kamu, skuy!

Daftar Universe/Trilogy/Film yang memiliki sequel/prequel bertemakan monster seru!

⇌ Planet of the Apes (POTA) Trilogy

Bukan universe, tapi trilogi. Yups, inilah tiga film tentang simpanse kesayangan kita, si Caesar! Tiga film ini merupakan versi reboot dari film POTA tahun 1970-an. Menceritakan Caesar, simpanse yang diberikan semacam obat (virus?) dan dilatih untuk menjadi pintar. Namun bukannya jadi pintar, ia malah menjadi jenius dan kuat, sehingga ia memberontak dan menjadi ancaman umat manusia.

Menurut saya, film ini sangatlah epik! Ceritanya berbobot dan memberikan kesan yang luar biasa. Tapi, apakah ini termasuk film monster? Hmm, memang benar ini merupakan film simpanse. Yaps, simpanse yang jenius, ahli strategi, berjiwa pemimpin, kuat, berwibawa, punya rasa kekeluargaan yang tinggi, dan tidak lupa ia juga bisa ngomong! Satu lagi, penelitian membuktikan bahwa simpanse tidak bisa menangis, tapi si Caesar dan koloninya bisa, bahkan sampai membuat penonton juga ikut-ikutan nangis! Wah, pokoknya beda lah sama si George, mah! Sangat direkomendasikan!

⥅ Rise of the Planet of the Apes (2011)

  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Caesar, seekor simpanse, telah bersama Will sejak masih kecil. Sebuah obat baru membuatnya mampu berpikir dan bereaksi seperti manusia. Dan ketika mendapat perlakuan buruk, ia pun mulai memberontak.
  • Catatan: Rise of the Planet of the Apes merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2011. Film yang disutradarai oleh Rupert Wyatt ini pemainnya antara lain oleh James Franco, Freida Pinto dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 5 Agustus 2011.

⥅ Dawn of the Planet of the Apes (2014)

  • Genre: Action, Adventure, Drama.
  • Sinopsis: Sepuluh tahun setelah sebuah wabah penyakit merajalela, kera-kera yang terjangkit virus ini terlibat dalam pertempuran sengit dengan kelompok manusia yang berhasil selamat.
  • Catatan: Dawn of the Planet of the Apes adalah film fiksi Amerika 2014 yang disutradarai oleh Matt Reeves dan ditulis oleh Mark Bomback, Rick Jaffa dan Amanda perak. Dibintangi Andy Serkis, Jason Clarke, Gahfghry Oldman, Keri Russell, Toby Kebbell dan Kodi Smit-McPhee.

⥅ War of the Planet of the Apes (2017)

  • Genre: Action, Adventure, Drama.
  • Sinopsis: Ketika tentara manusia jahat membunuh istri dan anak Caisar, ia bertekad untuk membalas dendam. Tetapi seiring waktu, perlahan mulai terungkap sisi lain nalurinya yang lebih gelap dan berbahaya.
  • Catatan: War for the Planet of the Apes adalah sebuah film fiksi ilmiah aksi drama Amerika tahun 2017 yang disutradarai oleh Matt Reeves dan ditulis oleh Mark Bomback dan Reeves. Film ini menjadi penghujung dari trilogi POTA. Akankah ada lanjutannya? Entahlah, tapi kalau benar ada maka POTA tidak lagi menjadi trilogi, dan saya harus mengedit ulang artikel ini nantinya.

⇌ Alien (franchise) Prequel

Sebenarnya, Alien itu mempunyai universe-nya sendiri. Namun karena film utama grafiknya jadul, jadi saya hanya akan merekomendasikan prequelnya saja. Namun keseluruhan film Alien seru kok, worth it buat ditonton.

*"lah min, ini kan filem alien, bukan film monster!". Hmm, alien kan makhluk luar angkasa (*cmiiw), dan alien di film-film ini menurut saya kepribadiannya lebih seperti monster dibanding alien-alien di film-film lainnya. Jadi, saya masukin deh. Ngomong-ngomong, saya juga bikin daftar rekomendasi film alien terbaik juga, lho! Dan saya juga membuat daftar film-film bertemakan luar angkasa favorit. Silahkan dibaca pada artikel berikut ya!

Film alien terbaik sepanjang masa!

Film bertemakan Luar Angkasa yang harus kamu tonton!

⥅ Prometheus (2012)

  • Genre: Adventure, Mistery, Sci-fi.
  • Sinopsis: Sebuah peta bintang langka ditemukan dan para ilmuwan percaya bahwa peta tersebut menyimpan jawaban misteri asal-usul manusia di bumi. Tim penjelajah menggunakan pesawat ruang angkasa Prometheus berangkat ke kedalaman alam semesta untuk mengungkap kebenaran. Misi dipimpin oleh Kapten Janek. Meredith Vickers, melakukan hal-hal yang mencurigakan hingga tim lainnya mempertanyakan niat Meredith sesungguhnya. Saat misi dimulai, para kru menemukan peradaban modern. Walaupun tujuan tim membuka rahasia kemanusiaan tercapai, namun mereka segera dihadapkan dengan satu hal yang mengancam yang dapat menghancurkan peradaban tersebut selamanya.
  • Catatan: Prekuel pertama dari seri Alien, menceritakan asal-usul keberadaan alien yang mana berkaitan dengan keberadaan manusia.

⥅ Alien: Covenant (2017)

  • Genre: Horror, Sci-fi, Thriller.
  • Sinopsis: Dengan pesawat Covenant, para kru menuju sebuah planet terpencil bernama Origae-6, dan menerima transmisi radio dari planet yang bisa dihuni. Namun, makhluk-makluk mematikan telah menunggu mereka.
  • Catatan: Saya bingung buat nyeritain apaan, yang jelas saat menonton saya merasa "kesepian", gituh. Entah karena nonton sendiri atau gimana. Entahlah...

⇌ Pacific Rim

Apakah kamu penggemar gundam? Atau kamu penyuka film/serial bergenre mecha? Jika iya, maka menonton Pacific Rim akan menyenangkan untukmu. Film ini menceritakan robot dengan pilot manusia melawan monster yang mengancam umat manusia.Saat ini, film Pacific Rim mempunyai satu sequel dan tidak menutup kemungkinan akan ada lagi lanjutannya sehingga menjadi film trilogi. Film ini juga cocok untuk ditonton bersama keluarga (ya iyalah, ini kan emang film family-friendly -_- ).

*Pacific Rim juga merilis sequel (/prequel?) terbaru dalam bentuk serial animasi di Netflix, berjudul Pacific Rim: The Black (2021). Namun karena itu bukan film, jadi saya tidak memasukkannya ke daftar ini.

⥅ Pacific Rim (2013)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Pemerintah menyebut, Jaegers, pasukan robot yang bertepur melawan Kaijus, tak efektif. Tapi Stacker Pentakosta dan timnya percaya bahwa, hanya Jaegers yang dapat menyelamatkan dunia dari kehancuran.
  • Catatan: Pacific Rim adalah sebuah film sains fiksi Amerika yang disutradarai oleh Guillermo del Toro dan dibintangi oleh Charlie Hunnam, Idris Elba, Rinko Kikuchi, Charlie Day, Robert Kazinsky, Max Martini dan Ron Perlman.

⥅ Pacific Rim: Uprising (2018)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Jake, putra Stacker Pentecost, bersama Mako Mori memimpin generasi baru pilot Jaeger, termasuk Lambert, saingannya, dan Amara, peretas muda, melawan ancaman Kaiju yang baru. Ia pun lalu terlibat dalam dunia kriminal bawah tanah.
  • Catatan: Sekuel Pacific Rim kali ini menunjukkan aspek yang lebih berwarna. Kemungkinan del Toro (sutradara sebelumnya) ingin membuat citra kaijuu (monster) yang menyeramkan dan penuh teror sehingga membuat filmnya terkesan gelap. Namun, sekuel ini lebih berwarna terang sehingga kita bisa asumsikan bahwa sang sutradara ingin penonton lebih nyaman melihat kaijuu atau jaeger si monster slayer!

⇌ MonsterVerse

Monsterverse ini bukanlah judul film, melainkan universe (semesta/kesatuan alam) film-film monster dari Legendary Entertainment Warner Bros. Pictures. Film-film yang termasuk ke monsterverse tersambung satu sama lainnya, seperti halnya Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Extended Universe (DCEU). Oleh karena itu, jika kamu ingin mulai menonton film dari monsterverse, sebaiknya menonton dari film yang rilis paling awal, yaitu Godzilla (2014).

⥅ Godzilla (2014)

  • Genre: Action, Adventure, Science Fiction.
  • Sinopsis: Ford dan ayahnya, Joe, menemukan bukti keberadaan para makhluk raksasa. Ketika makhluk yang disebut sebagai MUTO itu muncul, Godzilla, sesosok raksasa kuno, bangkit untuk melawan mereka.
  • Catatan: Godzilla adalah film monster fiksi ilmiah Amerika yang menampilkan monster film Jepang dengan nama yang sama di reboot dari film Godzilla yang merupakan produksi film milik Toho. Film ini menceritakan kembali asal muasal Godzilla pada masa kini sebagai "kekuatan menakutkan dari alam".

⥅ Kong: Skull Island (2017)

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy.
  • Sinopsis: Sebuah tim ilmuwan menjelajahi pulau yang belum dipetakan di Pasifik, dan tak sengaja memasuki wilayah sesosok kera raksasa. Kini, mereka harus berjuang untuk melarikan diri dari kejaran para monster.
  • Catatan: Kong: Skull Island adalah film monster petualangan fantasi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts dan diproduseri oleh Mary Parent, Thomas Tull, Jon Jashni dan Alex Garcia.

⥅ Godzilla: King of the Monsters (2019)

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy.
  • Sinopsis: Kisah baru ini mengikuti upaya heroik agensi kripto zoologi Monarch ketika anggotanya berhadapan dengan monster seukuran dewa, termasuk Godzilla yang perkasa, yang harus berhadapan dengan Mothra, Rodan, dan musuh bebuyutannya, si kepala tiga King Ghidorah. Ketika super spesies purba iniyang sebelumnya hanya dianggap mitosbangkit kembali, mereka semua bersaing untuk supremasi, membuat keberadaan manusia tergantung dalam keseimbangan.
  • Catatan: Film Godzilla kali ini tidak hanya menceritakan Godzilla saja, namun kita akan disuguhkan dengan penampilan banyak monster lainnya termasuk si monster naga berkepala tiga, Ghidorah.

⥅ Godzilla vs. Kong (2021)

  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller.
  • Sinopsis: Sebuah pertarungan epic dalam sinematik Monsterverse antara Godzilla dan Kong.Pertarungan Godzilla vs. Kong membuat umat manusia harus bertahan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memusnahkan kedua raksasa tersebut.Siapa yang akan menang?
  • Catatan: Kong menjadi penguasa satu-satunya di Skull Island, namun kini manusia telah mengetahui keberadaannya. Kong-pun ditangkap, dan dibawa ke peradaban manusia. Namun, tidak hanya manusia yang mengetahui keberadaannya, kini Godzilla juga tahu, namun Kong tidak tunduk kepadanya. Lantas, siapakah yang akan menjadi Raja? Apakah Kong, Godzilla, atau robot buatan mas Genjieh? Entahlah, kita lihat saja tanggal 31 maret nanti di HBO Max. (22/03/21)

⇌ Jurassic World Trilogy

Jurassic World merupakan film lanjutan dari serial Jurassic Park dimana film ketiganya akan rilis pada tahun 2022 mendatang. Serial ini memperlihatkan kehidupan dinosaurus yang ada di dunia modern. Saran saya, lebih baik kamu menonton ketiga film sebelumnya dari serial Jurassic Park agar ceritanya lebih terasa.

⥅ Jurassic World (2015)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi.
  • Sinopsis: Taman safari yang berisi dinosaurus rekayasa genetik jadi gempar ketika salah satu dinosaurus lepas dari kandang. Seorang ahli hewan sekaligus mantan militer pun berusaha menyelamatkan semua orang.
  • Catatan: Jurassic World adalah sebuah film petualangan fiksi ilmiah 3D dari Amerika Serikat yang disutradarai oleh Colin Trevorrow. Film ini merupakan film keempat dari serial film Jurassic Park yang dimulai tahun 1993 dan dibuat oleh Steven Spielberg dan kali ini, Steven menjadi produser film ini.

⥅ Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi.
  • Sinopsis: Setelah Isla Nublar porak-poranda akibat letusan gunung berapi, spesies dinosaurus yang tersisa dibawa ke perkebunan Lockwood yang besar, di Amerika. Di tempat tersebut, Owen dan Claire menyadari bahwa spesies dinosaurus malah dilelang dan tidak dilestarikan. Seekor dinosaurus hibrida yang sangat berbahaya dan dikenal dengan nama Indoraptor, kabur dan mulai meneror penduduk di sekitar perkebunan.
  • Catatan: Film yang bagus, tapi tidak terlalu bagus untukku. Namun, satu hal yang membekas di hati. Scenery, angle, dan tidak lupa dinosaurusnya. Serius, pemandangan dan sudut pengambilan gambarnya amat bagus, cocok buat memanjakan mata (*kecuali kalo situ nonton yang 720p kebawah, apalagi yang encode-annya asal-asalan. *hilih, nonton bajakan aja bangga!).

⥅ Jurassic World: Dominion (2022)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-fi.
  • Sinopsis: Seperti film dinosaurus lainnya.
  • Catatan: Belum rilis gan/sis, nanti kalo udah saya update dah.

⇌ Godzilla the Animation Trilogy

Berbeda dengan film-film di atas yang merupakan live-action, trilogi Godzilla kali ini berbentuk animasi 3D yang diproduksi Toho Animation dan animasi oleh Polygon Pictures, bekerjasama dengan Netflix. Kenapa saya masukan ke daftar rekomendasi ini? Karena saya pikir versi animasi ini ceritanya lebih kompleks dibanding dengan live-action monsterverse, dan worth-it untuk ditonton khususnya untuk kamu penggemar Godzilla.

⥅ Godzilla: Planet of the Monster (2017)

  • Genre: Animation, Action, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Cerita dalam Godzilla: Planet of the Monsters ini berlatar di tahun 2048. Umat manusia dipaksa meninggalkan Bumi setelah puluhan tahun kalah bertarung dengan Godzilla dan kaiju lainnya.
  • Catatan: Awal dari trilogi animasi Godzilla. Umat manusia mengalami krisis di luar angkasa, sehingga mengharuskan mereka kembali ke Bumi. Namun, setelah 20.000 tahun lamanya, ekosistem Bumi telah berubah, dan Godzilla menjadi puncak rantai makanan.

⥅ Godzilla: City on the Edge of Battle (2018)

  • Genre: Animation, Action, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Pertempuran keputus-asaan umat manusia untuk merebut kembali bumi dari Godzilla berlanjut. Kunci untuk mengalahkan raja monster itu mungkin adalah mechagodzilla, senjata robot yang dianggap telah hilang hampir 20.000 tahun yang lalu.
  • Catatan: Jangan nge-ship MC sama cewek manapun di anime ini, apalagi kalau menjadikan salah satunya sebagai waifu kalian!

⥅ Godzilla: the Planet Eater (2018)

  • Genre: Animation, Action, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Kemanusiaan, sekutu alien mereka (exif dan bilasaludo), dan Godzilla, semua bentuk kehidupan di Bumi terancam dengan kedatangan entitas destruktif superkuat yang dikenal sebagai Ghidorah.
  • Catatan: Sequel terakhir dari animasi 3d Godzilla, namun tidak menutup kemungkinan ada kelanjutannya, mengingat banyak plotline yang belum terselesaikan di film-film sebelumnya. Berharap banget ada kelanjutannya sih, karena saya merasa kecewa dengan ending film ini (-_-).

Daftar standalone film bertemakan monster terbaik dan ter-update!

⥅ Warcraft (2016)

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy.
  • Sinopsis: Beberapa manusia yang selamat harus bekerja sama dengan sekelompok Orc yang menolak serangan gerombolan Orc lain ke planet mereka melalui sebuah portal ajaib.
  • Catatan: Kamu enggak tahu warcraft? Waah, paraaah! Warcraft merupakan game legendaris yang menginspirasi banyak game moba masa kini, dan pada tahun 2016 lalu diadaptasikan ke bentuk film dengan judul seperti yang tertera. Rating filmnya memang cukup rendah, tapi bagi saya sendiri sebagai penyuka film fantasi, saya sangat menyukai film warcraft ini dan menantikan kelanjutannya (sambil berharap).

⥅ Rampage (2018)

  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi.
  • Sinopsis: Davis Okoye (Dwayne Johnson) seorang primatologist bersahabat dengan seekor gorilla bernama George. Namun karena sebuah eksperimen, George yang pada awalnya ramah dan jinak berubah menjadi seperti monster ganas. Sayangnya serum eksperimen tersebut menyebar ke binatang lain, diantaranya buaya dan serigala. Davis bersama rekannya, Dr. Kate Caldwell (Naomie Harris) harus mencari cara untuk menemukan obat penawar hasil eksperimen Claire Wyden (Malin Akerman) sekaligus mencegah Harvey Russell (Jeffrey Dean Morgan) agar tidak melukai George.
  • Catatan: Kamu belum nonton film ini? Wah, kayaknya pernah deh. Coba inget-inget lagi. Soalnya cuplikan film ini banyak di share di sosial media, contohnya di Facebook Watch dan IGTV. Yap, cuplikan itu memperlihatkan beberapa monster saling bertarung di pusat kota.

⥅ Love and Monster (2020)

  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sinopsis: Love and Monsters mengisahkan kehidupan pasca-apokaliptik, setelah rudal yang ditujukan untuk menghancurkan asteroid meledak dan reaksi kimia dari ledakan yang jatuh ke bumi mengubah serangga bermutasi menjadi monster raksasa yang membunuh 95% populasi manusia di bumi.
  • Catatan: Film yang sangat saya sukai selama pandemi di tahun 2020 berlangsung. Love and monster menyajikan kisah menegangkan bercampur komedi ditambah unsur kekeluargaan yang menyenangkan. Cocok ditonton dikala kamu kesepian abis diputusin atau tertikung sama temen kamu sendiri.

⥅ Monster Hunter (2020)

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy.
  • Sinopsis: Ketika Letnan Artemis dan pasukanya berpindah ke dunia baru, mereka terlibat dalam pertempuran yang mengerikan demi bertahan hidup melawan mahluk besar dengan kekuatan yang luar biasa.
  • Catatan: Salah satu film yang diadaptasikan dari bentuk game ke film yang dinantikan banyak penggemar. Namun, kebanyakan penggemarnya komplen karena isinya yang tidak sesuai. Saya sendiri tidak memainkan gamenya, dan saya cukup enjoy saat menonton. Namun memang, ceritanya kurang kritis. Mungkin kalau durasinya ditambah atau mendapat sekuel maka akan lebih seru lagi.

-------------

AKAN TERUS DI UPDATE! [24/03/21]

Nantikan judul-judul lain yang akan kami tambahkan pada artikel ini ya guys. Kalau film monster favoritmu enggak ada di atas, maka silahkan berkomentar agar saya tahu dan jika tertarik maka akan saya tonton, hehehe.

Thanks!

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain