Cara Mengakses Google Drive tanpa Backup & Sync (Drive File Stream)

Apakah kamu tahu bahwa google drive bisa diakses melalui navigation panel windows explorer? Ya. dengan Drive File Stream kamu bisa melakukannya. Lantas apa bedanya Drive File Stream ini dengan Backup & Sync? Persamaannya yaitu keduanya berasal dari google, jadi tidak perlu takut akan keamanan data kamu. Perbedaannya, Backup & Sync hanya bisa membuatmu mengakses folder yang sudah kamu centang untuk di backup dan selalu disinkronasi secara realtime dikala data internet terhubung. Tentu saja ini memakan kuota, apalagi jika kamu menyimpan banyak file besar di folder yang kamu centang. Wah, boros kuota banget, kan?

Sedangkan Drive File Stream sistemnya sama seperti kamu mengakses google drive melalui browser. Jadi, untuk mengakses file maka dibutuhkan koneksi internet. Tapi, Drive File Stream tidak mem-backup data-data kamu yang ada di google drive. Adapun fitur simpan secara offline yang hanya membuat kamu dapat mengakses file tanpa memerlukan koneksi. Itupun bisa kamu atur seseukamu, kalau sekiranya sering diakses ya mending disimpan secara offline, sehingga bisa diakses lagi dilain waktu.

Nah, kesimpulannya yaitu, jika kamu sering memakai google drive untuk aktivitas harian tanpa takut boros kuota, maka saya sarankan untuk memakai Drive File Stream. Kamu bisa mengakses semua file kamu yang ada di google drive tanpa mem-backupnya terlebih dahulu. Berikut tutorial mengenai cara instal Drive File Stream dan konfigurasinya.

Tutorial Mengakses Google Drive via Windows Explorer

❯ Unduh software Drive File Stream

Kamu bisa mengunduhnya langsung di situs google dengan cara tulis dan cari "Download Drive File Stream". Jangan lupa untuk mengunduh melalui situs google-nya langsung ya.

Atau, jika kamu kesulitan maka kamu dapat mengunduh mentahan Drive File Stream yang sudah saya simpan di google drive melalui link berikut:

Download Drive File Stream [GD link - 250 MB]

❯ Instal Drive File Stream


Sebelum menginstal, kamu akan diberikan dua opsi tambahan, yaitu menambahkan shortcut aplikasi ke desktop dan menambahkan shrotcut Google Docs, Sheets, dan Slides. Silahkan ceklis jika kmau ingin menambahkannya atau unceklis agar tidak demikian.

Setelah menginstal, silahkan buka aplikasinya yang bernama "Google Drive". Kamu akan diminta Sign in ke akun google kamu. Masukkan akun google yang terhubung dengan Google Drive, tempat kamu menyimpan file yang ingin kamu akses via Windows Eksplorer nantinya. Setelah login berhasil, akan muncul welcome tab dan notifikasi bahwa google drive sudah berjalan dan me-load file kamu.



Setelah itu, Google Drive akan muncul di navigasi panel windows eksplorer. Kamu bisa mengakses cloud file kamu lebih mudah kedepannya.


Apabila muncul notifikasi Google Drive Error setelah menginstal, maka restart pc kamu terlebih dahulu.

❯ Konfigurasi Drive File Stream


Kamu bisa melihat aktivitas file stream melalui tray icon google drive. Pengaturan juga diakses melalui tray icon tersebut.


Klik simbol google drive, lalu klik tanda pengaturan dan pilih preferences.

☑ Switch account/Disconnect account

Di pengaturan, kamu bisa men-disconnect-kan akun google kamu, atau beralih ke akun yang lain. 

☑ Launch on system start-up

Kamu bisa memilih apakah file stream harus langsung berjalan saat pc kamu dinyalakan atau harus kamu jalankan secara manual.

☑ Real-time presence in Microsoft Office

Memperlihatkan siapa saja yang mengedit file kamu via Office secara langsung.

☑ Local cached files directory

Kamu paham kan sistem cache? Nah, kamu bisa memilih dimana file stream akan menyimpan file cache-nya. Fitur simpan secara offline juga akan tersimpan di folder tersebut.

☑ Default drive letter

Label file stream di windows eksplorer.


Klik OK lalu file stream akan direstart untuk menyimpan pengaturannya.

--------------------------

Nah, itulah tutorial menambahkan google drive ke file managernya pc yaitu windows eksploreer. Jika kamu merasa kesulitan atau ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain