Cara Setting Subdomain Kustom di Blogger Terbaru Work 100%

Subdomain merupakan cabang dari domain utama, diibaratkan bahwa subdomain anaknya maka domain utama itu induknya. Jika kamu membeli domain kustom di suatu penyedia domain, maka kamu bisa membuat subdomain bebas sesukamu tanpa membayar lagi. Banyak orang bilang bahwa penggunaan subdomain untuk blog tidak bagus untuk SEO (Search Engine Optimization), namun hal itu tidak benar. Penggunaan subdomain memiliki kinerja yang sama seperti domain utama. Bahkan jika domain utama dianggap bagus oleh pengguna internet, maka subdomain-pun demikian, dan juga sebaliknya.

Saya sendiri menggunakan subdomain untuk blog yang saya gunakan sebagai blog safelink. Bisa kamu lihat, blog saya menggunakan domain utama "ezfileid.net". Sedangkan blog safelink saya menggunakan subdomain, yaitu "link.ezfileid.net". Saya menggunakan subdomain untuk blog safelink agar bisa dipasangkan iklan tanpa ditinjau ulang. Orang bilang blog safelink itu rawan banned, dan itu benar jika kamu menggunakan blog safelink untuk berbagi link dengan konten yang memiliki hak cipta. Banned tidak akan dilakukan pihak google jika penggunaannya untuk konten original buatan kamu sendiri.

Subdomain bisa kamu tentukan dengan bebas. Sebenarnya, penggunaan "www" pada domain utama juga bisa disebut subdomain. Jadi untuk mengganti domain blog kamu menggunakan subdomain, caranya sama seperti kamu mengganti kustom domain di pengaturan blogger. Selengkapnya bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

》Mendapatkan CNAME

❱ Via Pengaturan di Blogger

Blogger ❯ Setelan ❯ [Memublikasikan] Domain kustom

Masukkan subdomain yang ingin kamu pakai. Kamu bisa menentukan subdomain secara bebas.

Contoh: "link.ezfileid.net", "berita.ezfileid.net", "blog.ezfileid.net", "cerita.ezfileid.net", dan sebagainya.

Saya akan memakai subdomain "link.ezfileid.net". Setelah itu, akan muncul dua record CNAME yang harus kamu masukkan ke DNS Zone nantinya.


Record CNAME yang saya dapat dari subdomain "link.ezfileid.net" yaitu:

Host Target
link ghs.google.com
easpvzhav4fj gv-n6v2pkk5pwcu4k.dv.googlehosted.com

Jika saat mengklik SIMPAN 2 record CNAME tidak muncul, maka kamu bisa mendapatkan record CNAME tersebut melalui cara alternatif di bawah.

❱ Via Webmaster Central

Alternatif mendapatkan record CNAME untuk setting subdomain kamu yaitu dengan metode verifikasi properti di Webmaster Central. Kunjungi laman Webmaster Central berikut:

Verifikasi Properti - Webmaster Central

Selanjutnya klik ADD PROPERTY, lalu masukkan link subdomain kamu (cth: "link.ezfileid.net"). Klik tab [Alternate methods], lalu klik Domain name provider dan pilih Other. Selanjutnya klik Add a CNAME record. sehingga muncul record CNAME untuk subdomain blog kamu.


Record CNAME dengan host link tidak akan muncul, namun kamu tetap harus menambahkannya di zona DNS nantinya. Jangan lupa, hapus domain utama dan tanda titik di akhir nama host yang muncul. Contoh: "l4pwwojre7d4.link.ezfileid.net." ubah ke "l4pwwojre7d4.link".

*Ubah kata "link" pada host dengan subdomain yang kamu pakai.

Host Target
link ghs.google.com
l4pwwojre7d4.link gv-iifnsrpyydiwx7.dv.googlehosted.com

》Setting Zona DNS

❱ Via Penyedia Domain

Setelah mendapatkan 2 record CNAME kamu tinggal menambahkannya ke zona DNS domain kamu. Setiap penyedia domain berbeda tampilannya, namun intinya tetap sama. Sebagai gambaran, di sini saya menyetting DNS zone via idwebhost.

Jika kamu menggunakan domain utama pada blog kamu di platform blogger, maka sudah terdapat 4 record A yang berisi IP blogspot dan 2 record CNAME domain utama kamu. Nah, sekarang kamu tinggal tambahkan 2 record CNAME blog subdomain yang tadi didapatkan. Tidak perlu menambahkan ulang 4 record A, cukup tambahkan 2 record CNAME subdomain saja.

❱ Via Cloudflare

Jika kamu menggunakan Cloudflare, maka kamu harus menambahkan kedua record CNAME subdomain tadi melalui manage DNS di Cloudflare juga. Namun, jika menggunakan Proxied DNS maka subdomain kamu nantinya tidak bisa diakses melalui HTTPS. Jadi, nonaktifkan status proxy Proxied untuk 2 record CNAME subdomain blog kamu.

*note: kamu bisa mengganti status proxy Proxied ke DNS Only dengan cara klik ikon gambar Proxied-nya.

》Set Ulang Subdomain

Blogger ❯ Setelan ❯ [MemublikasikanDomain kustom

Masukkan kembali alamat subdomain kamu lalu klik SIMPAN. Jangan aktifkan opsi Alihkan domain. Jika kamu mengaktifkannya, maka setiap user mengakses domain utama kamu (cth: "ezfileid.net") maka akan dialihkan ke blog subdomain bukan blog utama (dialihkan ke "link.ezfileid.net").

》Ketersediaan dan Pengalihan HTTPS

Blogger ❯ Setelan ❯ [MemublikasikanDomain kustom

Nyalakan opsi Ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS. Tunggu selama 10 menit sampai 8 jam dan coba akses blog dengan subdomain yang telah kamu atur barusan.


------x------x---x---x------x------

Nah, itu saja untuk tutorial Setting Subdomain Kustom di Blogger terbaru tahun 2021. Jika kamu masih merasa kesulitan dan ada yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Jangan lupa untuk mendukung kami dengan setidaknya klik satu kali iklan yang ada ketika membaca. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Blogger Enthusiast | Suka menulis sejak tahun 2017

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain