Rekomendasi Browser Ringan Terbaik untuk Aktivitas Sehari-hari 2021/ 2022

Browser merupakan platform untuk menjelajahi luasnya dunia melalui internet. Saat ini, banyak browser yang hadir dengan fitur-fitur unggulannya...

Sekilas tentang Browser

Penjelajah web, peramban web atau penelusur web (web browser) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan Safari.

Daftar Browser Ringan yang direkomendasikan

Browser merupakan platform untuk menjelajahi luasnya dunia melalui internet. Saat ini, banyak browser yang hadir dengan fitur-fitur unggulannya agar banyak diminati. Nah, pada kesempatan ini saya akan membagikan Daftar Browser Ringan Terbaik untuk Aktivitas Harian, yaitu sebagai berikut.

⦊❯ Firefox

Sejak tahun 2019, saya memakai firefox sebagai default browser di PC saya. Hal itu tidak lain karena firefox mempunyai fitur melimpah namun tidak memakan banyak memori. Hal ini juga menjadi salah satu fitur yang paling firefox unggulkan.

Selain ringan, terdapat fitur-fitur unggulan lainnya, yaitu:

  • Banyak ekstensi/ add-ons yang didukung
  • Privasi terlindungi
  • Pemblokiran tracker/ pelacak ilegal
  • Pengelolaan password
  • Kustom tampilan suka-suka
  • Sinkronisasi antar perangkat
  • Dan lain-lain

Selain itu, firefox juga berambisi untuk menjadi browser terbaik di generasi baru dengan browser Firefox Nightly. Meskipun masih dalam pengembangan dan belum stabil, tapi nightly sudah dapat dipakai pada perangkat PC dan Android. Dari pengalaman yang saya rasakan, nightly berjalan dengan baik dan tidak terlalu berbeda dengan firefox biasa. Namun untuk nightly versi android, meski ada fitur add-ons dimana masih jarang ada di android, terkadang beberapa error masih sering muncul, jadi saat ini saya kurang merekomendasikan penggunaan nightly di android (19/01/2021).

⦊❯ Brave

Semenjak rilis di playstore, saya menjadikan Brave sebagai browser default saya. Browser brave ini turunan dari chromium yang artinya bersaudara dengan Chrome dan Microsoft Edge (*cmiiw). Fitur yang paling saya sukai dari brave yaitu adblocker bawaan-nya yang sangat ampuh. Namun jangan salah kaprah, brave tidak semena-mena mengembangkan fitur ini untuk menjatuhkan para kreator, karena brave secara khusus membuat fitur Brave Rewards yang mana visitor dapat memberikan donasi kepada kreator dalam bentuk koin digital brave yang disebut BAT. Selain itu, BAT juga bisa didapatkan pengguna dengan cara melihat iklan dari brave, dan pengguna dapat memilih untuk mencairkannya menjadi uang asli atau mendonasikannya ke para kreator.

Selain fitur yang saya sebutkan, fitur unggulan yang lainnya yaitu:

  • Load halaman web 3x sampai 6x lebih cepat
  • Sinkronisasi mudah dan cepat
  • Pemblokiran malware dan trackers, sehingga privasi dan keamanan lebih terjaga
  • Atur adblocker sesukamu, tampilkan iklan sesuai yang kamu inginkan
  • Dan lain-lain

Dari keunggulan-keunggulan brave di atas, saya kurang merekomendasikan pemakaian brave untuk PC dengan spesifikasi rendah, karena pemakaian memorinya yang cukup besar. Namun untuk smartphone, brave dapat berjalan dengan baik dalam smartphone spesifikasi rendah sekalipun.

Baca juga: Cara Verifikasi Blogger Channel di Brave Rewards Creator untuk mendapat penghasilan tambahan

⦊❯ Opera

Opera merupakan browser yang tetap menjaga kualitasnya dari dulu hingga sekarang. Untuk PC, Opera menyediakan 2 versi yaitu Opera Browser dan Opera GX. Opera GX dikembangkan lebih condong untuk gamer yang suka bermain game online dan melakukan live stream. Sedangkan untuk Smartphone, Opera menyediakan 5 varian berbeda untuk penggunaan yang berbeda juga, yaitu Opera Mini, Opera News, Opera Touch, Opera News Lite, dan Opera Browser.

Fitur-fitur yang ada pada Opera seperti browser pada umumnya, dan fitur yang paling saya sukai yaitu VPN bawaan yang sudah terpasang dalam browser. Selain itu, terdapat juga adblocker bawaan opera yang seperti adblocker kebanyakan. Jika kamu merasa kurang puas dengan adblocknya, kamu bisa juga menambah ekstensi adblock lagi pada opera atau menggunakan adblocker external.

⦊❯ Chrome

Chrome menjadi browser dengan pengguna paling banyak di dunia. Hal ini membuat chrome terus berkembang dan mempunyai lebih banyak ekstensi dibanding browser-browser lainnya. Namun hal itu hanya berlaku untuk chrome versi PC. Chrome di smartphone bagi saya tidak ada yang perlu dilebih-lebihkan, namun juga minim kekurangan. Satu hal yang pasti, baik versi PC maupun Smartphone (mobile), chrome memakan banyak memori. Jadi jangan heran jika banyak pengguna yang mengeluh akan hal ini, karena chrome sendiri mengetahuinya.

⦊❯ UC Browser

UC browser sempat merajai pasaran dalam dunia smartphone. Uc browser sendiri bukan turunan dari Chromium, sehingga terdapat fitur-fitur unggulan yang mana tidak dimiliki browser lainnya di versi mobile. Fitur-fitur tersebut yaitu fitur data saver, download manager bawaan, video player yang user-friendly, dan fitur yang memudahkan untuk mengunduh video yang telah diputar.

UCweb sendiri menyediakan 3 browser yang siap bersaing pada perangkat mobile, yaitu UC Turbo, UC Mini, dan UC Browser. Saat ini uc browser mulai tersaingi oleh browser-browser lainnya. Menurut saya sendiri, penggunaan iklan di uc termasuk menjengkelkan. Meski terdapat adblocker bawaan, tapi uc terkadang menunjukkan iklan yang tidak diinginkan penggunanya. Selain itu, uc juga lumayan memakan memori sehingga kurang cocok untuk perangkat dengan spesifikasi rendah.

⦊❯ Microsoft Edge

Setelah menggunakan dasar Chromium, microsoft edge jadi banyak diminati pengguna. Bisa dibilang, edge saat ini merupakan chrome dengan pemakain memori rendah, alias ringan. Saat ini edge sudah tersedia untuk windows, mac, android, dan ios. Sedangkan untuk Linux masih dikembangkan.

Lalu manakah browser yang terbaik? Cek perbandingan browser-browser populer di bawah! (sumber: mozilla.org)

Browser Terbaik! Perbandingan Browser-browser Populer yang ada

Berdasarkan Keamanan dan Privasi

Browser mana yang paling baik menjaga kerahasiaan konten?

Berdasarkan Kegunaan

Fitur-fitur sederhana namun sangat membantu saat beraktivitas.

Berdasarkan Portabilitas

Seberapa baik browser bekerja di berbagai perangkat?

Nah, itulah daftar browser yang saya rekomendasikan untuk dipakai dalam penggunaan sehari-hari. Namun jika kamu masih bingung mau pakai yang mana, berikut saya buat daftar browser sesuai perangkatnya. Karena dari pengalaman yang saya alami, penggunaan browser di PC berbeda dengan penggunaan browser di Smartphone, oleh karena itu saya akan memisah daftarnya, yaitu:

Rekomendasi Browser Ringan Terbaik untuk PC

1. Firefox
2. Firefox Nightly
3. Microsoft Edge
4. Brave
5. Opera Browser
6. Chrome

Rekomendasi Browser Ringan Terbaik untuk Smartphone/ Mobile Device

1. Brave
2. Firefox
3. Uc Browser
4. Opera Browser
5. Microsoft Edge

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain