Cara Dual Drive HDD dan SSD di Acer Aspire One Z1402

 Tidak terasa, ternyata laptop yang saya gunakan sudah mencapai umur 5 tahun lamanya. Yap, saya menggunakan laptop bermerk Acer z1402 yang saya beli tahun 2015 silam. Jadi dapat dibilang bahwa laptop saya ini sudah tua dengan spek kentang jika dibandingkan dengan laptop-laptop keluaran tahun sekarang.

Eits, meski sudah tua dan usang, tapi kinerja laptop saya masih bagus, masih dapat menemani aktivitas sehari-hari saya sebagai seorang blogger dan vlogger. Untuk penggunaan browser, masih ngangkat 3 browser dengan satu atau dua tab dalam satu task, namun jika untuk penggunaan editing menggunakan sony vegas pro 13 jika multitasking ditambah satu browser sudah agak lag, apalagi untuk proses renderingnya. Wehh, musti ditinggal dahh!

Untuk itu, saya mencoba untuk meng-upgrade RAM dan menggunakan SSD untuk sistem operasinya. Dengan dana yang terbatas, saya dapat membeli RAM DDR3L berukuran 4 GB dan SSD 240 GB SATA III. Tidak lupa saya juga membeli SSD Caddy dengan tebal 9.5 mm untuk pemasangan SSD. Oh ya, Acer z1402 tidak mempunyai slot SSD, jadi mau tidak mau DVD Writer SU-208 harus dilepas untuk dipasang HDD Caddy pada slotnya.

FYI:

  • SSD = Solid State Drive
  • HDD Caddy = Harddisk Caddy

Dengan memasang SSD pada HDD Caddy ke slot DVD-RW/ DVD Rom, otomatis kamu mempunyai dua penyimpanan (dual drive) dalam laptop kamu, karena Hardisk bawaan tidak perlu dikeluarkan (kecuali jika rusak, tidak bisa berfungsi sama sekali). Setelah laptop menjadi dual drive, jangan lupa untuk memindahkan OS utama yang kamu pakai (ex: Windows, Linux, dll) ke SSD, jangan menjadikan SSD sebagai penyimpanan cadangan! Kamu bisa menginstal ulang OS-nya di SSD setelah SSD benar-benar terbaca pada laptop, yang dapat kamu cek melalui BIOS.

Cara memasang SSD pada Laptop/ Notebook Acer Z1402

❯⦊ Apa yang harus disiapkan?

Untuk menjadikan SSD sebagai drive utama, alias penyimpanan sistem operasi dan menjadikan laptop Acer z1402 kamu dual drive, kamu harus menyiapkan hal-hal berikut:

1. SSD 2.5"

Kamu bisa membeli SSD di toko komputer terdekat atau melalui toko online. Kamu dapat menggunakan merk apa saja asalkan sebesar 2.5". Untuk maksimal size-nya saya kurang tahu (wkwk), tapi mungkin karena ini laptop jadul jadi pastikan untuk membeli SSD dengan size dibawah 2 TB.

Sebagai referensi, saya menggunakan SSD 2.5" Sata 3 bermerk WD dengan ukuran sebesar 240 GB yang saya beli via online melalui WD Official di Shopee. Berikut link-nya:

WD Green SSD 240GB Sata 3 - WDC Green 240 GB 2.5"

Saran dari saya, pastikan membeli SSD dari toko officialnya. Jangan tergiur dengan harga yang murah, karena bisa saja itu tidak original (alias KW).

2. HDD Caddy

Karena laptop Acer z1402 tidak memiliki slot SSD, maka kamu harus mempunyai HDD Caddy dan menempatkannya pada slot DVD. Perlu kamu ketahui, Acer z1402 menggunakan DVD Writer dengan model SU-208 yang mana mempunyai ketebalan 9.5 mm. Jadi pastikan kamu membeli HDD Caddy dengan tebal 9.5 mm, karena kalau kurang atau lebih maka tidak dapat dipakai.

Sebagai referensi, saya membeli HDD Caddy 9.5 mm dari official Patriot di Shopee. Berikut link-nya:

HDD Caddy 9,5 mm / 12.7 mm SATA DVD Slot Hardisk

3. Obeng

Maaf saya kurang tau diameter obengnya, tapi biasanya sudah ada di pembelian HDD Caddy, atau mungkin kamu bisa pinjam dulu ke tetangga sebelah.

Tambahan:

4. Bootable disk

Setelah SSD terbaca, kamu harus menjadikan SSD sebagai drive utama agar kinerja laptop menjadi lebih baik. Untuk itu, kamu perlu menginstal ulang sistem operasi yang kamu pakai pada SSD. Gunakan bootable disk seperti CD atau flashdisk yang sudah ada sistem operasinya.

Selengkapnya tentang cara membuat bootable disk, kamu bisa membaca artikel berikut:

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk.

❯⦊ Bagaimana cara memasang SSD ke Laptop?

Setelah menyiapkan ketiga barang di atas, kamu dapat mengikuti langkah-langkah mudah berikut untuk menghubungkan SSD ke laptop.

1. Menghubungkan SSD ke HDD Caddy

Lepaskan skrup-skrup yang ada di samping masing-masing sudut. Masukkan SSD ke HDD Caddy, kemudian pasang kembali skrup-skrup tadi

2. Menghubungkan HDD Caddy ke Laptop

Buka baut slot DVD RW pada posisi tengah, lalu tarik keluar slot DVD-nya. Setelah itu lepas bezel depan dan tempat skrup pengunci belakang DVD RW dan pasangkan ke HDD Caddy. Pasang kembali baut tengah laptop agar HDD Caddy terkunci dan dapat berfungsi.

3. Tes melalui BIOS

Coba nyalakan laptop, ketika booting tekan tombol F2 sampai masuk ke menu BIOS. Masuk ke tab booting, lalu cek di primary boot, apakah SSD sudah tersedia.

3.Pindahkan OS ke SSD

Masih di menu BIOS, masukkan bootable disk yang sudah ada OS-nya ke laptop, lalu jadikan USB sebagai primary boot pertama, dan SSD sebagai yang kedua. Simpan lalu laptop akan reboot otomatis. Setelah itu instal OS-nya seperti biasa.

Setelah proses penginstalan selesai pastikan kamu mencabut bootable disk agar tidak muncul kembali proses penginstalannya. Kamu juga bisa mengatur kembali SSD sebagai primary boot pertama di BIOS.

Video tutorial akan di upload secepatnya di youtube ezid19

Nah, itu dia cara membuat dual drive di Acer Aspire One z1402. Sekarang laptop kamu mempunyai kinerja yang lebih baik, apalagi kalau kamu juga meng-upgrade RAM-nya menjadi 8 GB (maksimalnya segitu di Acer z1402). Kamu juga bisa menambahkan cloud storage yang terintegrasi langsung dengan Windows Explorer seperti Google Drive File Stream, Megasync, Onedrive, dan sebagainya agar kamu lebih leluasa dalam menyimpan berkas.

Jangan sungkan untuk berkomentar apabila ada hal yang tidak kamu pahami. Sekian dan terima kasih! Jangan lupa untuk subscribe channel ezid19 di Youtube, ya!

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain