Istilah-istilah pada Kualitas Film

Tahukah kamu pengertian 1080p, 720p, 480p, x264, x265, dan sebagainya? Jika tidak, maka kamu bisa menemukan artinya pada artikel ini!

 Saya asumsikan kamu-kamu udah pernah nonton atau download film ya. Nah, saat men-download, kamu kadang melihat beberapa opsi yang bisa dipilih, seperti ukuran, kualitas, dan jenis encode. Contohnya perbandingan antara film dengan resolusi 480p BRRip dengan film ber-resolusi 1080p HDRip. Dalam hal lebar layar untuk menonton, tentu saja film dengan resolusi 1080p lebih besar. Namun dalam segi kualitas, meski film 480p mempunyai lebar layar yang lebih kecil, tapi kualitasnya lebih baik.

Perbandingan di atas hanya untuk contoh saja ya, karena jenis encode juga sangat mempengaruhi. Untuk itu, berikut saya rangkum istilah-istilah dalam kualitas perfilm-an. Check it out!

Istilah-istilah pada Kualitas Film

1. Jenis Encode

H.264/ AVC (Advanced Video Coding)

H.264 adalah standar industri untuk kompresi video. Standar H.264 juga disebut MPEG-4 Part 10 dan merupakan penerus standar sebelumnya seperti MPEG-2 dan MPEG-4. Standar ITU untuk mengompresi video berdasarkan MPEG-4 yang populer, terutama untuk video berdefinisi tinggi. Bisa dua kali lebih efisien seperti MPEG-4 Part 2 .

H.265/ HEVC (High Efficiency Video Coding)

H.265 merupakan standar kompresi video baru setelah H.264. Dibandingkan dengan standar pengkodean video populer yang ada H.264, H.265 menggabungkan teknologi asli dengan teknik canggih untuk secara signifikan memperbaiki bit-stream, membangun koneksi yang lebih baik antara waktu tunda dan kompleksitas algoritma dan meningkatkan kualitas pengkodean, yang mengarah pada optimalisasi terbaik secara signifikan.

Perbedaan H.264 dan H.265

Hasil encode H.264 disebut x264 sedangkan H.265 disebut x265. Dalam segi kualitas dan ukuran, x265 mempunyai kualitas lebih tinggi dengan ukuran yang lebih kecil daripada x264. Namun hal itu tergantung encodernya, karena yang saya tahu kebanyakan film dengan coding x265 memang mempunyai ukuran yang lebih kecil namun kualitas yang seharusnya lebih baik dari x264 malah menjadi lebih buruk. Meski begitu, ada beberapa situs yang menyediakan film dengan coding H.265 dengan hasil yang presisi.

2. Ukuran

Ukuran umum yang banyak dipakai

Standard (640x480) : 480p

HD (1280x720) : 720p/i

Full HD (1920x1080) : 1080p/i

4K UHD (3840x2160) : 2160p

Perbedaan Progresif dan Interlace

Kalau menurutmu 1080p dan 1080i itu sama, maka itu SALAH BESAR! Sebenarnya keduanya sama baiknya dalam bidang yang berbeda, namun dalam kualitas perfilm-an yang beredar di internet, kualitas Progresif lebih baik dan lebih banyak digunakan daripada Interlace. Hal ini dikarenakan Progresif menampilkan seluruh resolusi (contoh 1080p maka ditampilkan 1080 piksel) di layar sedangkan Interlace hanya menapilkan setengahnya (contoh 1080i maka ditampilkan 540 piksel).

3. Kualitas

BLURAY/BDRIP dan BRRIP

BRRip merupakan XviD hasil encode dari Bluray yang beredar di internet, sedangkan BDRip pada dasarnya sama dengan DVDRip, namun bersumber dari kaset bluray (Bluray Disk) yang kualitasnya sangat lebih baik daripada DVDRip. Kaset bluray ini biasanya dirilis beberapa bulan setelah penayangan di bioskop dan dijual dengan harga yang lumayan.

WEBrip / WEB-DL (Mostly on TV Shows releases)

WEBRip adalah versi hasil rip (salinan) dari sebuah website dengan kualitas bagus. WEB-DL biasanya bersumber dari platform streaming film/ series dengan kualitas baik. Biasanya WEB-DL memiliki kualitas lebih baik dari HDTV karena menggunakan DD 5.1, maka ukuran file-nya pun lebih besar dari HDTV. Di versi WEB-DL juga biasanya tidak terdapat logo TV/ iklan berjalan dibawah layar seperti yang terdapat di versi HDTV

RC

Scene Release Group jarang ada yang rilis dengan tag RC. RC itu sebenernya HD version of R5 dengan BluRay sebagai video source & biasanya suara yang dipakai masih menggunakan source dari versi R5. "R" itu Region (negara), dan dibagi menjadi 3: RA - RB - RC, yaitu:

  • Region A/ RA, yaitu hampir seluruh bagian Amerika Utara, Tengah, dan Selatan juga beberapa negara asia selatan seperti China (Taiwan), Jepang, Korea, dan Hongkong.
  • Region B/ RB, yaitu negara-negara di Eropa, Afrika, dan Asia Selatan ditambah Australia dan New Zaeland.
  • Region C/ RC, yaitu negara-negara di Asia Tengah dan Selatan yang tersisa, seperti RRC dan Russia.

DVDRip

Merupakan salinan dari DVD asli yang dijual.

R1 dan sejenisnya

Ini adalah format/ versi baru. Dasarnya sama dengan DVDcsr, yang merupakan hasil rip (rekaman/ salinan) dari perilisan DVD legal di Rusia, yang dirilis di negara ini untuk megurangi angka pembajakan film. External English Audio biasanya sering digunakan versi ini, seperti pada default DVD aslinya.

Selain R5 adapula perilisan seperti ini di Negara (Regional) lain dari R1 sampai R8. Info selengkapnya silahkan googling  (heheh).

DVDScr atau DVD Screener

Merupakan hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan, atau biasa disebut preview.

TC (TELECINE)

Adalah proses perekaman video menggunakan alat untuk menyalin film dari projector ke format digital atau biasa disebut alat Telecine

TS Atau Telesync

Sama seperti kualitas CAM berasal dari rekaman bioskop, hanya lebih baik audio recording dari cam.

CAM

Hasil rekaman (rip) dari bioskop dengan sebuah digital camera. Rilisan dengan kualitas ini adalah yang terburuk karena didalamnya kita juga mendengar suara penonton, orang-orang yang lalu lalang dan terkadang layar juga "shaky" atau bergoyang.

VHSRip

Hasil salinan dari VHS langsung.

TVrip

Versi ini direkam langsung saat sebuah TV Shows tersebut sedang disiarkan. Kualitasnya tergantung dari kualitas stasiun TV yang menayangkan TV Shows tersebut, jika TV Shows tersebut disiarkan dalam format High Defenition (HD) maka kualitasnya akan bagus dan diberi label HDTV dalam penamaan file rilisannya.

Contoh : Ghost.Hunters.S07E23.Distillery.of.Spirits.HDTV.Xv iD-CRiMSON.avi

Dan dibawah versi HDTV adalah PDTV (Pure Digital Television), kualitasnya tidak sebaik HDTV tetapi tidak bisa dikategorikan buruk, dan biasanya diberi label PDTV dalam penamaan file rilisannya.

Contoh : Junior.MasterChef.Australia.S02E16.WS.PDTV.XviD-FQM.avi

PPVrip

PPV (Pay Per View) adalah film yang direkam melalui saluran khusus, dimana untuk menonton film pada saluran tersebut biasanya dikenakan biaya. Siaran berbayar ini biasanya ada pada hotel-hotel berbintang, acara workshop dan seminar, serta Club Film.

Biasanya film yang keluar dengan format PPV merupakan film-film terbaru yang belum release dalam bentuk screener, namun telah tersedia khusus untuk pelanggan hotel.
Sumber dari PPVRip adalah layar TV yang direkam dengan menggunakan PVR atau DVD recorder. PPVRip tampak sama dengan VHS-Screener karena keduanya sama-sama menggunakan resolusi VHS/TV Full Screen dan penggunaan prinsip yang sama pada saat perekaman.

PPV akan tampak seperti VHS-Sreener promosi (bukan untuk diperjualbelikan) namun tidak terdapat time code maupun studio watermark seperti pada video Screener. Hal ini yang membedakan antara PPV dengan Screener.

PVRip

Adalah screen televisi yang direkam ke PVR atau dvd recorder atau film yang sumbernya dimabil dari saluran khusus.

Workprint

WORKPRINT adalah copy dari sebuah film yang belum selesai, bisa hilangnya scene-scene atau suara dalam menit tertentu. Kualitasnya bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

Untuk semua film yang ada di blog ini jelas ada beberapa yang menggunakan kualitas - kualitas di atas, Ada juga Beberapa Film yang memiliki adegan yang ditambahkan pada Film kualitas ini atau Durasi yang lebih lama.

4. Istilah-istilah Lainnya yang sering Muncul

Pernah lihat di covers DVD atau ketika mau download ada tulisan Extended, Limited, Directurs cut,, Unrated, dll? Berikut pengertiannya!

Extended

Adalah istilah untuk film yang dirilis lebih panjang durasinya daripada rilisan yang pertama atau rilisan sebelumnya dan biasanya kamu bisa melihat adegan yang tidak ditayangkan pada rilisa sebelumnya.

Limited

Artinya edisi dari suatu rilisan film (biasanya DVD atau bluray) yang terbatas dan langka dan sukar dicari.

Directurs cut

Sebenarnya sama kaya extended cuma sang sutradara sendiri yang berhak memilih adegan mana yang akan dimasukkan atau tidak dimasukkan di rilisan terbaru yang pastinya lebih panjang dari edisi sebelumnya.

Unrated

Adalah film dengan versi (biasanya dvd) yang menampilkan adegan-adegan yang dihapus atau tidak ditayangkan di bioskop karena dilarang dilihat untuk umum seperti terdapat adegan dewasa atau adegan menjijikkan dari edisi sebelumnya atau lebih simplenya film yang tidak di sensor.

Tambahan:

Resync

Adalah sebuah istilah untuk mengepaskan subtitle pada suatu film menggunakan software.

Proper

Adalah aturan main di kalangan para pembajak film yang mana yang merilis Telesync (TS) duluan adalah pemenangnya tapi biasanya kualitasnya kalah sama rilisan sesudahnya.

Bukan manusia!

1 komentar

  1. Openmate???
Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain