Tales of Demon and Gods: Kota Terakhir Umat Manusia untuk Bertahan Hidup

todag, tales of demons and gods review, nie li dan zi yun, nie li dan ning'er, spoiler todag

TODAG REVIEW

Hai hai, apa kabar buat kamu yang disana? Iya, kamu. Bukan kamu seperti yang kamu pikirkan (heheh). "Nih mimin kenapa sih, gajee.." , heheh, maaf-maaf. Mimin terlalu banyak mikir ampe ngomongpun gak ke-kontrol. Eh, nulis kali ya, bukan ngomong. Sori-sori (😅).


Oke, kita kembali ke bahasan utama kita kali ini. Apa kamu udah nonton Donghua berjudul Tales of Demons and Gods? Atau bahkan kamu udah baca Manhua-nya? Kalau udah, kuy kita diskusi tentang cerita TODAG ini. Oh, ya. Bagi kamu yang belum tau, Donghua adalah animasi buatan Tiongkok atau China. Sedangkan Manhua adalah komiknya. Kalo agak mudeng, anggap aja Donghua itu Anime China dan Manhua adalah manga-nya China. Selengkapnya bisa kamu cek di artikel di bawah!

Apa itu Donghua. Manga, Manhua, dan Manhwa? Serta berbagai Arti Istilah Viral lainnya!

Seperti biasa, kita buat DISCLAIMER dulu. Bahwa tulisan yang mimin buat ini mengandung spoiler. Iya, bukan MAY CONTAIN SPOILER tapi emang CONTAIN SPOILER! Mimin harap bagi kamu yang belum baca jadi pengen baca, atau mungkin sebaliknya. Semua kembali pada diri kamu sendiri.

DESKRIPSI

Tales of Demons and Gods
Judul: 妖神记(中文)
Judul alternatif:
TODAG, Kisah tentang Para Iblis dan Dewa
Author Mad Snail (发飙的蜗牛)
Genre Action, Fantasy, Martial Art
Tipe Donghua, Manhua, Chinese Webtoon, Novel
Sinopsis Di dalam tubuh anak 13 tahun adalah roh lahir kembali yang kuat! Karena adanya Buku Penembus Waktu, waktu pun dapat berputar kembali ke masa lampau. Niel yang awalnya sudah tewas diserang sekumpulan monster, tiba-tiba saja terbangun dan mendapati dirinya sedang berada di dalam ruang kelas. Dia kembali ke usia 13 tahun. Ketika segala hal dalam kehidupannya terulang kembali, dia pun berpikir bagaimana agar bisa melindungi orang yang dicintainya.

ABSTRAK

Kembali ke kehidupan sekolahnya dulu

Nie Li merupakan seorang spiritualis iblis kuat, namun ia dibunuh oleh kaisar sage. Namun karena buku roh iblis fana yang ia temukan, ia terbangun kembali di umurnya yang ke-13 tahun. Saat itu, ia baru memasuki sekolah ahli beladiri. Di sekolah itu ia termasuk golongan paling rendah, karena warna jiwanya yang merah. Selain itu dia hanyalah seseorang yang berasal dari keluarga bangsawan biasa. Oleh karena itu, dia direndahkan di sekolahnya.


Kota terakhir umat manusia

Di dunia Nie Li, para monster yang menguasai dunia. Kota Glory, disitulah pertahanan terakhir umat manusia. Kota tersebut dikelilingi tembok-tembok tinggi dan pos-pos pertahanan. Para ahli beladiri ditempatkan disana, dan kadang bertugas menetralkan wilayah sekitarnya dari para monster. Di masa depan, Kota Glory diserbu oleh jutaan monster sehingga kota pun hancur. Sedikit dari umat manusia yang masih hidup. Mereka terpisah-pisah dan melarikan diri dari kota, termasuk Nie Li.

Kesempatan kedua terbuka

Dengan ingatan yang ia miliki, Nie Li ingin merubah masa depan. Ia tidak ingin melihat orang-orang tersayangnya meninggal. Dengan buku roh iblis fana yang ia kuasai, Nie Li mengajarkan teknik-teknik kuat miliknya ke orang-orang disekitarnya. Berharap kota dapat terlindungi kali ini, dan umat manusia dapat bertahan.

ULASAN

TODAG memiliki cerita yang mainstream. Layaknya cerita-cerita remaja lainnya, dimana sang MC mempunyai tekad kuat untuk mewujudkan tujuannya. Namun jika dibandingkan dengan manhua-manhua lainnya, TODAG mempunyai cerita yang lebih menarik. Tema yang diangkat yaitu tentang kultivasi beladiri, layaknya kebanyakan manhua-manhua lainnya. Dan tentu saja, karena ia sudah mengetahui masa depan, sang MC jadi OP dari awal.


Pengembangan cerita TODAG sangat lambat, namun karena itulah author cukup jeli dalam menjelaskan hal-hal agar menjadi logis dalam cerita. Plot armor sang MC sangat terasa, dan merambah ke orang-orang sekelilingnya. Jadi si MC sama temen-temennya tuh terlalu imba. Padahal ceritanya lambat, tapi kekuatan mereka berkembang terlalu pesat.

Meski begitu, cerita TODAG ini cukup menarik untuk dibaca. Plotnya lebih berisi ketimbang manhua-manhua kultivasi lainnya. Dunia yang dibawakan TODAG juga sangat luas, sehingga ceritanya bisa terus bercabang. Selain dari itu, unsur komedi dan romansa dalam TODAG cukup dalam sehingga bikin enjoy saat bacanya.


Grafik manhua TODAG ini bagus dan berwarna, sehingga unsur ceritanya jadi lebih mendalam. Saat mimin menulis ulasan ini, manhua TODAG sudah mempunyai 299 chapter dan sudah mimin baca sampai mentok. Gak ada penyesalan setelah membaca ini, namun tidak membuat penasaran juga akan chapter berikutnya. Oh ya, manhua ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, serta sudah diadaptasikan ke bentuk donghua berjumlah 40 episode. Sayangnya mimin enggak punya waktu untuk menonton donghuanya, apalagi membaca novelnya. Jadi, ulasan yang mimin tulis ini berdasarkan manhuanya.

RATING

Setelah membaca 299 chapter,

PERSONAL RATING

B

Tidak terlalu merekomendasikannya, namun jika mempunyai waktu luang silahkan dibaca.

SPOILER COMPILATION

Spoiler kecil
  • Nie Li mencintai Ziyun karena dikehidupan sebelumnya mereka selalu bersama setelah Kota Glory hancur. Namun Ziyun meninggal dibunuh binatang buas.
  • Roh Iblis yang dipilih Nie Li bukanlah iblis gagah seperti naga, harimau, atau elang. Namun Nie Li lebih memilih panda bertaring untuk menjadi spiritual iblisnya.
  • Leluhur Kota Glory ternyata ilmu beladirinya tidak setara dengan Nie Li. Demi membantu Kota Glory, Nie Li pun memindahkan jiwa leluhur tsb kedalam boneka jiwa berbentuk elang.
  • Diluar Kota Glory ternyata masih ada kelompok manusia yang hidup dengan cara bersembunyi.
  • Ye han bersekongkol dengan keluarga keramat untuk membunuh ayah angkatnya dan menjadi Raja Kota. Namun itu gagal dan raja kota masih hidup.
  • Nie Li bertemu dengan Ye Yun, dewi spiritual api di wilayah terlarang langit takdir. Ia membantunya mempercepat pembuatan tubuh sehingga Ye Yun mempunyai tubuh kecil dan bersama Nie Li dalam baju lengannya.
  • Istana Gurun tempat Nie Li menemukan Buku Roh Iblis Fana dikehidupan sebelumnya ternyata sudah hancur dikehidupannya saat ini.
  • Telur yang dibawa Nie Li dari pembendaharaan kerajaan ternyata telur hewan spiritual tingkat tinggi berbentuk ayam. Ayam itu sangat kuat, yang bisa menelan api hitam di lantai 5 menara neraka.
Spoiler besar
  • Ye Ziyun tahu bahwa Nie Li mencintainya, namun Ziyun tidak paham alasannya. Padahal Xiao Ning'er lebih dekat dengan Nie Li.
  • Raja Iblis menyerang Kota Glory dan berhasil membunuh raja kota. Hal itu membuat Nie Li mengamuk, namun tetap saja raja iblis bisa hidup dan kembali ke alam nether.
  • Di wilayah Istana Gurun, Ye Ziyun dan Xiao Ning'er mendapatkan kilasan ingatan pada kehidupan sebelumnya.
  • Xiao Ning'er merupakan Xiao Ning, sahabatnya di kehidupan sebelumnya. Nie Li tidak tahu bahwa mereka orang yang sama, karena Xiao Ning selalu memakai topeng karena wajahnya rusak.
  • Di kehidupan sebelumnya, Guru Nie Li mati dibunuh saudari juniornya sendiri, karena gurunya telah membunuh guru saudari juniornya. Ini merupakan siklus balas dendam.

Tags: todag, tales of demons and gods review, nie li dan zi yun, nie li dan ning'er, spoiler todag

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain