STOP NONTON ANIME BAJAKAN!!! Kini sudah banyak tersedia Platform Streaming dan Download Anime Legal Subtitle Indonesia

stop nonton anime bajakan, perbedaan fansub dan fanshare, platform streaming dan download anime legal di indonesia, nonton anime legal gratis

Yoo, minna! Ogenki desu-ka? Bokuwa SAFE and SOUND-desu! (pliss, yametee!! wkwk).

Hey Anime Lovers! TIM BATCH atau TIM ONGOING! Kamu termasuk tim mana nih? Kalau mimin sih, keduanya (hehe). Iya, mimin tuh gak tahan godaan. Kalo anime ongoing banyak yang bahas alias trending, ya auto mimin tonton (hwehwe).

STOP Nonton Anime ILEGAL!

Nah, mimin mau tanya, kalian kalo streaming atau download anime dari mana nih? Dari web fansub kah? Atau web fanshare? Wah, kalau memang dari sana, mendingan segera biasakan untuk berhenti deh! Kenapa? Karena kedua situs itu enggak resmi, alias ILEGAL! jadi maksudnya mereka itu enggak dapat izin untuk menyebarluaskan anime-anime tersebut.

Sebenarnya situs-situs fansub dan fanshare sangat berjasa bagi para pecinta anime, karena mereka memberikan tempat untuk menonton anime dimana anime tidak ditayangkan. Contohnya di Indonesia nih. Dulu, penayangan anime di Indonesia terbatas, bahkan hanya ada sedikit judul anime yang ditayangkan di televisi. Nah, dengan begitulah situs-situs fansub menerjemahkan judul-judul anime lain yang enggak tayang di televisi, agar kita bisa menontonnya.

Tapi, sekarang zaman udah sangat maju. Studio per-anime-an pun yang menyatakan kerap rugi, kini menerapkan berbagai inovasi agar bisa menghindarinya. Salah satu bentuk inovasinya yaitu menyerahkan pendistribusian anime-nya ke pihak ketiga, agar bisa disebarluaskan secara tepat! Pihak ketiga itulah yang membuat kita dapat menikmati anime dengan legal, tanpa merugikan pihak studio apalagi sang author.

Mengenal Fansub dan Fanshare

Fansubber di Indonesia

Seperti yang mimin bilang, fansub dan fanshare sangat berjasa bagi anime lovers. Karena fansub-lah yang menerjemahkan dan membuat subtitle anime agar bisa kita pahami. Kebayang gak nonton anime tanpa subtitle? Kalo paham Bahasa Jepang sih gak masalah, tapi kalo gak paham gimana? wkwk.

Namun selain menerjemahkan, biasanya fansub juga yang mengambil source video dari situs penyedia raw anime dan meng-encodenya ke berbagai resolusi. Dengan begitu para anime lovers dapat menonton sesuai selera dan budgetnya (hwehwe).

Setahu mimin, kebanyakan fansubber di Indonesia mengambil source videonya dari fansub luar yang berbahasa Inggris. Jadi mereka tinggal menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, lalu meng-encodenya ke berbagai resolusi. Umumnya resolusi yang dipakai yaitu 1080p, 720p, dan 480p dalam encode x264 dan 720p dan 480p dalam encode x265. Perbedaan encoding x264 dan x265 yaitu ukuran dan kualitas. Hasil encode x265 kualitasnya lebih bagus dan ukurannya lebih kecil, begitulah seharusnya. Namun kebanyakan hasil encode x265 fansubber Indonesia kualitasnya lebih jelek dari hasil encode x64. Mungkin hal ini disebabkan settingan mereka dalam meng-encode, sehingga x265 menurunkan ukuran namun juga menurunkan kualitas dari x264.

Fansubber Indonesia juga umumnya hanya menyediakan anime dalam format MKV dan MP4. Dalam format MKV biasanya sudah mencakup resolusi umum, sedangkan MP4 kadang menambahkan resolusi 360p dan 144p. Itu karena ada beberapa perangkat yang tidak mendukung MKV. Dalam segi kualitas dan ukuran, tentunya menang format MKV. Selain itu, anime dalam format MKV bisa disisipkan subtitle tanpa di-burn, alias softsub. Sedangkan dalam format MP4 kebanyakan subtitlenya disatukan dengan video yang biasa disebut hardsub.

Kamu bisa melihat situs-situs fansub di Indonesia pada artikel berikut.

Database Fansub Indonesia

Fanshare di Indonesia

Fanshare di Indonesia jumlahnya sangat banyak daripada jumlah fansub yang ada. Mereka menyediakan anime bersumber dari situs-situs fansub yang ada, sehingga biasanya judul anime di situs mereka lebih banyak ketimbang situs fansub. Itu karena biasanya judul-judul anime di situs fansub merupakan anime hasil terjemahan mereka sendiri, sedangkan situs fanshare menyediakan animenya dari banyak fansub. Meski begitu, kadang juga terdapat situs fansub yang juga menyertakan judul anime dari fansub lain sehingga menjadi fanshare juga.

Keberadaan fanshare tentunya memudahkan anime lovers untuk menonton banyak anime, namun disisi lain kebanyakan merugikan pihak fansub. Kamu tahu kan biasanya situs fansub meminta donasi atau menyediakan iklan dan shortlink. Selain untuk keuntungan pribadi, tentunya hal itu juga untuk mempertahankan situs webnya (biaya hosting web dan domain itu enggak gratis kawan). Nah, fansub dirugikan karena fanshare meng-upload ulang (re-upload) anime hasil terjemahan mereka, bahkan hanya mengambil link hasil upload fansubnya aja, lebih parahnya lagi shortlink fansub dihapus dan diganti dengan shortlink mereka. Fansub udah cape-cape bikin subtitle sampe rela begadang, eh malah dicomot sama fansub. Masih mending fanshare nyertain credit dan enggak menghapus shortlink dari web fansub, tapi nyatanya enggak begitu. Kebanyakan mereka mengambilnya untuk keuntungan mereka sendiri. Ya wajarlah, sifat manusia pastinya mau untung. Fansub juga menyediakan anime secara ilegal, jadi fanshare gak perlu was-was nyomot dari mereka. Ibarat Fansub bilang "Akutu gak bisa diginiin😭" lalu fanshare bales "Maling kok teriak maling😑". Mungkin dari tulisan ini mimin terlihat lebih memihak fansub, tapi itu memang benar adanya. Ini pendapat pribadi mimin sih, jadi semoga aja enggak ada yang ke-trigger ya! (heheh)

Platform Streaming dan Download Anime LEGAL

Pihak ketiga seperti yang sudah mimin sebutkan sebelumnya, kini sudah terdapat banyak di dunia. Mereka menyediakan anime agar bisa ditonton anime lovers secara legal. Hal ini bisa membuat anime lovers bangga karena ikut mendukung dunia per-anime-an agar bisa terus maju. Namun disisi lain fansub dan fanshare menjadi tersingkirkan karena kerugian yang mereka timbulkan bagi studio anime dan orang-orang terkait lainnya.

Oleh karena itu, sudah sewajarnnya anime lovers mendukung dunia per-anime-an dengan cara menonton secara legal dan menghilangkan kebiasaan menonton anime bajakan. Saat ini pihak penyedia anime secara resmi juga terus bertambah. Berikut situs streaming dan download anime subtitle Indonesia secara legal.

Muse Indonesia

Muse Indonesia menayangkan anime secara resmi di Youtube. Mereka menyediakan berbagai anime dengan subtitle Indonesia baik yang sudah tamat (end) maupun sedang ditayangkan musim ini (ongoing). Kamu bisa menonton anime secara legal dengan streaming langsung, karena Muse Indonesia tidak menyediakan opsi download untuk anime yang mereka tayangkan.


Sayangnya, anime-anime yang disediakan Muse Indonesia masih sedikit. Oleh karena itu, untuk mendukung mereka agar bisa menambahkan banyak anime lainnya, silahkan tonton langsung di Channel Youtube Muse Indonesia dan jangan lupa subscribe😉.

iQIYI

iQIYI merupakan platform yang menyediakan banyak anime Subtitle Indonesia. Kamu bisa menonton dengan cara streaming langsung di situs web maupun aplikasinya. Terdapat aplikasi mobile untuk android dan iOS. iQIYI juga menyediakan fitur download agar bisa kamu tonton nanti.


Anime Ongoing yang iQIYI tayangkan juga cukup lengkap dan bisa kamu tonton secara gratis. Selain anime, iQIYI juga menyediakan banyak judul donghua dengan Subtitle Indonesia. Penyedia donghua ini jarang adanya, sehingga menjadi suatu keunggulan bagi iQIYI. Film-film dan variety show juga bisa kamu tonton di iQIYI, hanya saja kadang kamu harus menjadi anggota VIP terlebih dahulu.

Netflix

Netflix juga salah satu platform yang menyediakan banyak anime dan bahkan membuat animenya sendiri. Selain berbahasa Indonesia, kadang juga terdapat dubbing Indonesia-nya juga (namun mimin kurang suka wkwk). Fitur download juga tersedia di netflix, sehingga kamu bisa menontonnya dilain waktu. Selain anime, netflix juga menyediakan banyak film dan serial drama dari seluruh dunia. Hanya saja, untuk bisa menonton di netflix, kamu harus berlangganan terlebih dahulu.


Berlangganan di netflix terbilang cukup mahal, namun juga sepadan dengan apa yang didapatkan. Hanya saja, untuk berlangganan kamu harus mempunyai kartu kredit. Namun, mimin punya solusi bagi kamu yang merasa berlangganan netflix terlalu mahal dan enggak punya kartu kredit, kamu bisa membeli Netflix Premium legal bergaransi dari toko ezfile.id di Shopee. Selain harganya yang murah, hanya Rp. 40 ribu saja untuk tipe sharing/ bulan, kamu juga mendapatkan 1x klaim garansi jikalau ada kendala. Namun tentu saja kami mengusahakan agar tidak ada kendala sama sekali. Apabila kamu berminat, silahkan cek langsung di shopee ezfile.id dengan klik link dibawah!

Selain 3 di atas, banyak platform lain yang juga menyediakan anime secara legal, hanya saja belum masuk Indonesia. Contohnya Crunchyroll, Sushiroll, Hulu, Amazon Prime, dan lain-lain. Dulu ada juga platform streaming anime legal yang disediakan Ponimu, hanya saja sudah ditutup pada januari 2020 kemarin. Oleh karena itu, mari kita dukung dunia per-animean dengan menonton secara legal.

Sekian dan semoga bermanfaat!

Tags: tempat download anime subtitle indonesia, streaming anime legal sub indo, download anime legal sub indo, perbedaan fansub dan fanshare

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain