DIJAMIN BAPER! Berikut Rekomendasi Film-film Jepang untuk menemani Kegalauan Kamu!

Rekomendasi Film Jepang yang bikin baper, galau, dan susah move on! Akan terus di update, stay tune! Rekomendasi Film Jepang 2021

    Halo semua, apa kabar? Kali ini saya akan membagikan rekomendasi film-film Jepang yang bikin kamu auto baper! (hehe). Saya tahu, kamu sengaja mencari rekomendasi film baper ini untuk menemani kesedihanmu, kan? Kalau memang benar, maka membaca artikel ini merupakan jawabannya. Namun, harap diingat bahwa menonton film baper mempunyai banyak efek samping, terutama GAGAL MOVE ON! (sisanya rasain sendiri deh nanti!)

Rekomendasi Film-film Jepang yang bikin Baper!

    Berikut saya sudah buatkan daftar film-film yang menguras air mata. Disamping judul, ada tambahan tahun rilis dan penilaian pribadi saya sendiri, yaitu sbb.

Personal Rating
[S] [A] [B]
Harus nonton
Bagus Lumayan

    Mungkin pendapat kalian dengan saya berbeda ya, dan saya sarankan untuk menonton dari yang saya nilai [B] atau [A] terlebih dahulu, jangan menonton yang dinilai [S] lebih dulu (jika kalian memang belum menontonnya). Kenapa? Karena jika kalian menonton yang terlalu seru lebih dulu, yang serunya sedikit pasti engga terasa (IMO xD).

    Itu saran saya aja, sih. Nonton yang manapun itu terserah kalian. Mohon ingat, jangan ketagihan nonton ya. Nontonlah disaat waktu luang. Happy Watching!

Hachi-nengoshi no Hanayome | 2016 [S]


Judul alternatif : The 8-year Engagement

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Hisashi dan Mai sudah menentukan akan menikah 3 bulan mendatang, akan tetapi Mai tiba-tiba jatuh sakit dan koma. Hisashi tidak menyerah pada tunangannya itu dan selalu mendo'akan kesembuhannya. Akhirnya Mai terbangun, namun ternyata dia mengalami hilang ingatan.

Catatan

    Film ini diangkat dari kisah nyata dan Back Number membawakan lagu endingnya yang berjudul Mabataki.

Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date suru | 2016 [S]

Judul alternatif : Tomorrow I Will Date with Yesterday You. My Tomorrow, Your Yesterday

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Takatoshi Minamiya merupakan mahasiswa kesenian di suatu Universitas Kyoto. Ketika ia berangkat kuliah menggunakan kereta, Takatoshi jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Emi Fukuju. Takatoshi kemudian memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaanya. Merekapun jadian dan merasa bahagia, hingga rahasia Emi terungkap.

Catatan

    Film ini membutuhkan fokus yang cukup tinggi agar kamu benar-benar bisa memahami kisah mereka berdua.

Kaze no Iro | 2018 [A]


Judul alternatif : Colors of Wind

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Sebelum meninggal, pacarnya Ryo bilang bahwa ada seorang perempuan yang sangat mirip dengannya di Hokkaido. Karena kesedihan mendalamnya, Ryo mencari perempuan itu.

Catatan :

    Film ini membawakan kisah unik dengan scene-scene yang menyejukkan mata.

50-kai-me no Fâsuto Kisu | 2017 [A]


Judul alternatif : 50 First Kisses

Genre : Comedy, Romance

Sinopsis :

    Yuge Daisuke merupakan seorang pemandu wisata yang belajar astronomi disela-sela waktu bebasnya. Ia juga seorang Playboy yang menjalin hubungan tanpa pamrih. Di awal musim panas, Daisuke bertemu Fujishima Rui dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Iapun mencoba berhubungan dengannya, namun ternyata Rui mengidap amnesia yang ingatannya ter-reset setiap malam karena kecelakaan. Demi cintanya, Daisuke pun berjuang untuk merayunya setiap hari karena Rui terus melupakannya.

Catatan

    Film ini berlatar di Hawaii, dan merupakan hasil remake dari 50 First Dates (2004). Ada juga versi Korea-nya, dengan judul 50 First Dates (2020).

Tambahan

    Azab seorang Fakboy, ketika benar-benar jatuh cinta malah ceweknya amnesia. Tiap hari lagi hilang ingatannya😂.

Kimi no Suizou wo Tabetai | 2017 [S]

Judul alternatif : I Want to Eat Your Pancreas

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    "Aku adalah seorang murid SMU. Aku menemukan buku harian teman sekelasku, Sakura Yamauchi yang ternyata mengidap kanker pankreas. Aku menghabiskan waktu dengan Sakura sebelum ia wafat. 12 Tahun kemudian, karena kata-kata Sakura, aku menjadi guru di sekolahku dulu."

Catatan

    Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama, dan sudah diadaptasikan lagi kedalam bentuk anime satu tahun kemudian (2018). Menceritakan seorang pria menyedihkan yang bertemu gadis periang, dan gadis itu berhasil membuatnya terus melangkah.

Tambahan

    Meski namanya agak horror, tapi gak ada unsur seram didalamnya. Yang ada unsur kesedihan mendalam yang bikin kamu susah move on. Ingat, heroinenya wafat, tapi ini bukan spoiler!

ReLife | 2017 [A]

Judul alternatif : -

Genre : Drama, Romance, Sci-fi

Sinopsis :

    Berkisah tentang Kaizaki Arata, seorang pekerja berusia 27 tahun yang selalu saja gagal melamar pekerjaan sebuah perusahaan setelah ia berhenti dari perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya dimana ia baru saja bekerja selama 3 bulan di sana. Nasibnya kemudian berubah setelah ia bertemu dengan Yoake Ryou dari sebuah perusahaan bernama ReLife Research Institute, yang menawarkannya sebuah obat yang dapat membuatnya kembali ke usianya saat 17 tahun. Ia kemudian menjadi subjek percobaan selama satu tahun, dimana ia harus kembali menjalani hari - harinya menjadi seorang siswa SMA. 

Catatan

    Film ReLife merupakan film yang diadaptasi dari sebuah manga dengan judul yang sama, dan sudah diadaptasikan pula ke bentuk anime. Film ini mempunyai banyak pelajaran kehidupan berharga didalamnya.

Kimi wa Tsukiyo ni Hikarikagayaku | 2019 [B]


Judul alternatif : You Shine in the Moonlight

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Takuya Okada merupakan siswa SMU. Suatu hari, guru meminta Takuya untuk mengunjungi teman sekelasnya yang bernama Mamizu Watarase di rumah sakit. Mamizu menderita penyakit misterius yang disebut "penyakit luminescence." Orang yang menderita penyakit ini menunjukkan kilauan samar di bawah sinar bulan dan kilauan itu semakin cerah ketika kematian mereka semakin dekat. Mamizu tidak diizinkan keluar rumah sakit dan dia tidak akan hidup cukup lama untuk tumbuh dewasa. Takuya menawarkan diri untuk membantunya memenuhi semua keinginannya sebelum dia meninggal.

Catatan

    Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul sama dengan soundtrack berjudul Mitsu no Tsuki yang dibawakan grup band Sekai no Owari.

Wasurenai to Chikatta Boku ga Ita | 2015 [B]


Judul alternatif : Forget Me Not

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Takashi Hayama merupakan siswa SMU tingkat akhir. Dia jatuh cinta dengan Azusa Oribe dalam pandangan pertama dan merekapun berpacaran.

    Beberapa saat kemudian, Azusa memberitahu Takashi bahwa "orang yang bertemu denganku akan melupakanku beberapa jam kemudian".

    Takashi tidak mempercayainya, tapi karena beberapa kesempatan dia sadar telah benar-benar melupakan segala sesuatu tentang Azusa. Oleh karena itu, dia mulai menuliskan memo untuknya sendiri dan Azusa.

Catatan

    Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Alur klimaksnya cukup bikin emosional, berada pada 20 menit-an terakhir.

Isshuukan Furenzu | 2017 [A]

Judul alternatif : One Week Friends

Genre : Comedy, Drama, Romance

Sinopsis :

    Yuki Hase ingin berteman dengan salah seorang perempuan di kelasnya yang selalu sendiri, Kaori Fujimiya. Kaori menolaknya, karena dia mempunyai penyakit dimana dia akan melupakan segalanya setiap hari senin. Meski begitu, Yuki tetap ingin dekat dengan Kaori.

Catatan :

    Sebelum manga-nya diadaptasi menjadi film, Ishuukan furenzu sudah diadaptasi menjadi anime 12 episode. Bagi kamu yang sudah menonton animenya mungkin agak kecewa dengan ending yang berbeda di filmnya ini. Meski begitu, menurut saya sendiri film Ishuukan Furenzu ini termasuk LA yang sukses dalam hal cerita.

Tenshi no Koi | 2009 [S]


Judul alternatif : My Rainy Days

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Karena kecantikannya, siswi SMU 17 tahun bernama Rio Ozawa selalu menjadi pusat perhatian. Namun, Rio tidak pernah memperdulikan siapapun kecuali dirinya sendiri karena trauma yang dialaminya dulu. Teman-teman dan pacar-pacarnya hanya dimanfaatkan olehnya. Yang ia pedulikan hanyalah uang.

    Lalu suatu hari, ia bertemu seorang dosen berumur 35 tahun yang dipanggil Professor Kouki. Rio-pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Dia merasa dibingungkan dengan perasaannya dan mengekspresikan cintanya dengan tulus. Meski perasaan Kouki juga sama, ada alasan mengapa dia tidak bisa menjalin hubungannya...

Catatan :

    Cinta, sahabat, dan keluarga. Ketiga ikatan penting dalam kehidupan itu semuanya dibahas dengan baik di film ini. Mungkin kamu sadar seperti apa si Rio itu hanya dengan membaca sinopsis. Ya, dia merupakan gadis muda yang salah pergaulan dan mencoba hidup lebih baik. Namun karena perbuatannya dulu, hal itu menjadi sulit. Harap sediakan tissue sebelum menonton!

Tambahan :

    Meski sekilas, ada beberapa scene nudity (adegan dewasa/ ketelanjangan) dalam film ini. Jujur, saat melihat covernya dulu saya kirain JxxV, makanya didownload deh. Eh tapi kok air yang keluar malah dari atas. Untung udah beli tissue.

Tada, Kimi wo Aishiteru | 2006 [B]

Judul alternatif : Heavenly Forest

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Heavenly Forest menceritakan tentang seorang fotografer bernama Makoto yang mengunjungi New York saat natal untuk menemui sahabatnya, Shizuru. Keduanya pertama bertemu saat upacara pembukaan perkuliahan. Makoto mempunyai sifat kurang percaya diri sehingga dia menjauhi orang-orang, namun Shizuru berhasil membuatnya terbuka. Karena persahabatan mereka, Shizuru juga tertarik pada fotografi dan mereka berdua mulai suka mengambil gambar di hutan.

    Shizuru hanya menganggap Makoto sebagai sahabatnya, sehingga ketika Makoto menyukai wanita lain bernama Miyuki, Shizuru-pun mencoba untuk berteman dengannya. Suatu hari, Makoto menanyakan hadiah apa yang diinginkan Shizuru untuk ulang tahunnya. Shizuru, yang ingin mengikuti kontes fotografi, mempunyai ide untuk mengambil gambar mereka berdua berciuman di hutan. Makoto setuju dan mereka berciuman untuk pertama kalinya. Semenjak hari itu, bagaimanapun, Shizuru menghilang dari kehidupan Makoto.

Catatan :

    Novel berjudul Renai Shashin: Mo Hitotsu no Monogatari di adaptasi menjadi 2 film, yaitu College of Our Lives (2003) dan Heavenly Forest (2006).

Tambahan :

    Shizuru pas pake kacamata kawaii banget deh!

Hanamizuki | 2010 [S]

Judul alternatif : Hanamizuki - May your Love Bloom a Hundred Years, Dogwood Tree

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Sae merupakan  siswi SMU yang sedang belajar mati-matian untun ujian masuk kampus ternama. Dia kehilangan ayahnya ketika masih kecil sehingga ia hanya tinggal bersama ibunya, Ryoko di Hokkaido. Ayahnya, Kemimichi pernah menanam bunga Cornus (Dogwood Tree) di halaman rumah setelah tahu bahwa ia mengidap penyakit berbahaya dan kemungkinan tidak bisa melihat Sae tumbuh dewasa.

    Sae kemudian bertemu Kouhei yang merupakan siswa SMK jurusan perikanan. Kouhei berharap dapat mengikuti jejak ayah dan kakeknya sebagai seorang nelayan. Mereka berdua kemudian menjalin hubungan jarak jauh (LDR). Meskipun perasaan cinta mereka kuat, hubungan mereka tidak dapat bertahan lama.

    10 tahun kemudian, mereka berdua tanpa sengaja bertemu kembali...(Gustii nulis sinopsis aja bawaannya pengen nangis. Jadi inget filmnya 😭😭)

Catatan :

    Film ini berdasarkan lagu pop dari You Hitoto berjudul Hanamizuki yang rilis pada tahun 2004.

Tambahan :

    Yang LDR-an musti nonton nih.

Boku no Hatsukoi wo Kimi ni Sasagu | 2009 [A]

Judul alternatif : I give My First Love to You

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Takuma, seorang lelaki yang diberitahu akan meninggal sebelum berusia 20 tahun, dan Mayu, seorang wanita yang jatuh cinta padanya...

    Cerita dimulai ketika mereka anak-anak. Mayu merupakan anak dari seorang dokter bertemu dengan Takuma ketika sedang dirawat di RS. Perasaan mereka kian berkembang, sampai Mayu tahu Takuma mengidap penyakit mematikan dan didiagnosa hanya dapat mencapai umur 20. Mereka pun membuat janji dimasa depan yang tak pasti.

    Waktu kian berlalu, gadis kecil itu kini menjadi seorang wanita muda, dan bocah lelaki itu kini menjadi seorang pria remaja. Mayu terus mendukung dan mencintai Takuma. Dilain sisi, Takuma yang tahu hari-hari terakhirnya sebentar lagi, mencoba menghilangkan perasaannya ke Mayu dan mulai menjauhinya. Dia tidak mampu melihat Mayu menangis dan tersakiti seperti yang dialaminya. Lalu Mayu bertemu lelaki lain yang mempunyai perasaan padanya, dan Takuma bertemu perempuan yang mempunyai penyakit sama. Perasaan merekapun mulai menghilang.

    Kesalahpahaman, kalimat yang tak terucap, frustasi dan sifat muda... Apa yang akan terjadi pada cinta mereka sementara waktu terus berlanjut dalam hidup Takuma?

Catatan :

    Film ini cukup melebihi ekspetasi yang saya bayangkan.

Koizora | 2007 [B]

Judul alternatif : Sky of Love

Genre : Drama, Romance

Sinopsis :

    Cerita cinta Hiro dan Mika yang penuh batu sandungan. Kebahagiaan yang mereka rasakan berlangsung begitu cepat dengan perginya kebahagiaan itu ke surga. Dengan alasan itu, Hiro perlahan meninggalkan Mika untuk menutupi kesakitan sebenarnya yang sedang dia rasakan, berharap keputusannya tepat untuk membuat Mika tetap bahagia menjalani hidup tanpa dirinya. Seiring waktu berjalan, fakta terungkap dan Mika kembali padanya. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kini langit yang berusaha memisahkan mereka?

Catatan :

    Untuk film yang diadaptasi dari novel kisah nyata, Koizora merupakan film yang sangat sukses di masanya, bahkan sampai sekarang saat semua film menggunakan berbagai teknik pengambilan gambar atau editing yang begitu modern. Dalam film ini, penonton seperti merasakan menjadi Hiro dan Mika dan ikut berinteraksi dengan mereka, perasaan penonton dibawa dengan halus tanpa alur yang terburu-buru. Selain itu, sebagai film adaptasi novel, Koizora juga sukses dalam hal penggambaran detail cerita karena setiap poin-poin penting di cerita asli sama sekali tidak dibuang. Tidak heran jika film ini mempunyai durasi yang cukup panjang, yaitu hampir lebih dari dua jam. Bukan durasi normal untuk film bergenre romantis.

Tags: rekomendasi film-film jepang terbaru 2021, daftar film jepang yang bikin baper

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain