Penjelasan singkat What IF Route dan 9 Witches of Sin: Kehidupan Subaru Jika Dia Memilih Pilihan yang Berbeda

PENJELASAN SINGKAT WHAT IF ROUTE

 
What IF Route merupakan rute alternatif dari cerita utama Re: Zero. Rute ini ditulis oleh author aslinya, yaitu Tappei Nagatsuki. Seperti yang kita ketahui, Subaru selalu menemui masalah yang mustahil diselesaikan. Dalam rute What IF ini, diceritakan Subaru melenceng dari kebenaran dan memilih jalan yang penuh dosa.  Namun jangan harap Subaru berakhir bahagia, jalan pendosa berarti memilih berbuat dosa. Setiap dosa mewakili perbuatan dan pilihan Subaru dalam hidup.

Selain cerita utama Re: Zero, author sudah mempublikasikan 6 rute What IF, yaitu IF Sloth, IF Greed, IF Wrath, IF Gluttony, IF Pride, dan IF Lust. Kamu salah besar jika berpikir bahwa rute What IF ini sudah lengkap, karena author sudah mengkonfirmasi bahwa cerita utama bukanlah rute Envy (Kecemburuan). Jadi, kemungkinan rute Envy memang tidak ada atau belum dibuatkan.

*edit: Author sudah mengkonfirmasi bahwa cerita utama merupakan rute envy. (src: Twitter sang author)(*cmiiw).

Tenang saja, meski kamu hanya menonton anime season 1 aja dan enggak termasuk orang-orang yang membaca Light Novel Re: Zero, kamu masih bisa menikmati cerita rute What IF ini. Karena kebanyakan dari rute What IF ini bermula ketika Subaru memilih pilihan yang berbeda di Season 1-nya Re: Zero. Nah, agar kamu tertarik untuk membaca rute What IF ini, berikut mimin berikan penjelasan singkat mengenai keenam rute What IF. Silahkan membaca!

NOTE: Rute IF yang berlanjut dari cerita setelah musim kedua akan mimin sensor karena kemungkinan mengandung spoiler (tapi sekarang mimin males edit htmlnya jadi entar aja dah).

1. IF Sloth - Rute Rem

Sampai saat ini, rute IF Sloth ini menjadi rute spin-off paling populer dan mungkin satu-satunya rute What IF dengan  happy ending. Saking populernya, rute ini diadaptasikan kedalam bentuk manga dan dibuatkan scene kilat pada musim kedua episode pertama. Scene itu memperlihatkan Subaru dengan Rem yang mempunyai 2 orang anak, tepatnya pada menit 10:39. 

Cerita bermula ketika Rem setuju untuk melarikan diri bersama Subaru dan meninggalkan semuanya. Mereka kemudian menikah, dan dikaruniai dua orang anak bernama Rigel dan Spica. Subaru benar-benar melupakan Emilia, dan menjalani kehidupan sehari-harinya dengan bahagia. Cerita pada rute IF Sloth ini menyejukkan hati, seperti halnya genre-genre cerita romcom. Namun jangan mengharapkan hal yang sama pada rute-rute IF lainnya!

2. IF Greed : Kasaneru

Rute ini melanjutkan cerita dari episode 12 musim kedua kemarin. Dimana kontrak yang Echidna tawarkan diterima oleh Subaru. Hal ini berarti Subaru memilih untuk memuaskan rasa keingintahuan Echidna yang tidak akan pernah puas. Sesuai keinginan Echidna, Subaru mencoba semua hal yang layak dicoba dengan terus menggunakan kemampuan Return by Death miliknya. Semua kejadian, fenomena, percakapan, apapun itu tidak ingin Echidna lewatkan.


Dalam perannya sebagai kontraktor Echidna, Subaru memutuskan untuk menggunakan Return by Death untuk menyelamatkan semua orang dan menjadikan Emilia Raja Lugnica. Dengan saran-saran yang diberikan Echidna, ia berhasil menyelesaikan semua permasalahan di Sanctuary tanpa adanya korban.


Setelah lebih dari jutaan kali pengulangan, Subaru terbangun di Mansion keluarga Mathers. Disana ia memulai rutinitas hariannya mengelilingi mansion untuk menyapa orang-orang. Subaru bertemu Petra yang sedang menuju kamarnya, Garfiel dan Reinhard yang sedang latihan, Beatrice yang sedang membaca buku, Roswaal yang sedang meditasi, Ram yang sedang merawat Rem, dan terakhir pergi ke ruangan Emilia untuk melihatnya.


Kehidupan Subaru menjadi damai, namun hatinya menjadi hampa. Hal itu karena ia berhasil menyelamatkan semua orang namun mereka tidak bahagia. Seperti Reinhard yang menjadi sadboy karena Felt meninggalkannya. Beatrice menjadi depresi, Otto yang telah pergi, Rem yang masih belum terbangun, dan yang paling ia sesalkan yaitu Emilia yang depresi berat karena tidak pernah lulus ujian Sanctuary.

Hal ini sesuai dengan kontrak yang ditawarkan Echidna. Subaru berhasil menyelamatkan semua orang, namun tidak dengan jiwa mereka.

3. IF Wrath : Oboreru

Rute IF Wrath melanjutkan episode 7 musim pertama, dimana Subaru tidak bunuh diri, dan lebih memilih untuk melawan Ram dengan bantuan Beatrice. Namun daripada mencoba membuktikan ketidak-bersalahannya, Subaru menjadi sangat marah karena menjadi disalahkan. Hanya saja, bahkan dengan bantuan Beatrice, Subaru tidak bisa mengalahkan Ram. Beatrice pun membantu Subaru kabur dengan menteleport-nya ke tempat yang jauh. Namun Ram masih bisa mengejarnya. Ketika Ram kelelahan dan terpapar lemah, Subaru mencekiknya hingga pingsan. Hal ini tidak disia-siakan, Subaru langsung mengambil batu dan membenturkannya ke kepala Ram berkali-kali hingga ia meninggal.


Cerita berlanjut 2 tahun setelahnya dan Subaru membuat sebuah organisasi gelap brutal yang bernama Pleiades. Ia berhasil merekrut orang-orang hebat. Dalam pimpinan Subaru, organisasi itu membunuh seratus dua puluh enam ribu orang dalam pergerakannya. Namun pada akhirnya Subaru dan organisasinya ditumpas. Kerajaan mengirimkan Reinhard von Astrea untuk membunuhnya.

Cerita berakhir dimana Subaru berhasil kabur sendirian dan bersembunyi di ruangan rahasia miliknya, yang didalamnya terdapat mayat Ram yang dirantai. Namun hal yang tak diharapkan terjadi. Sosok berambut merah pendek itu masih hidup dan terlepas. Ia membunuh Subaru dengan cara sama seperti yang Subaru lakukan padanya (jiwa psikopat-ku meronta-ronta😈).

Subaru x Ram 😍

4. IF Gluttony: Tsugihagu

Nah, ini dia rute What IF yang paling mimin sukai. Cerita ini berlanjut dari arc 6 di light novelnya, jadi untuk kamu yang belum baca sampai arc itu disarankan agar tidak membaca rute ini. Cerita berlanjut saat Subaru membaca Buku Kematian di Menara Sage (Pleiades Watchtower) dan kehilangan seluruh ingatannya. Untuk mengembalikan ingatannya, Subaru harus mengambil seluruh ingatan tentang dirinya dari orang-orang yang mengenalnya.

Singkat cerita, Subaru dan rekan barunya membantai habis satu desa sampai hanya tersisa seorang gadis bernama Amue Sears. Subaru teru mengulangi pertanyaan "Hey, apa kau mengenalku?". Setelah beberapa saat, gadis yang sangat ketakutan itu menjawab "Tidak" sehingga Subaru meninggalkannya. 

Subaru merasa bahwa dia bukan dirinya. Dia ingin kembali menjadi dirinya dan bersama teman-temannya. Namun untuk menjadi dirinya, Subaru harus membunuh semua orang yang mengenalnya dan mengambil ingatan yang mereka miliki tentangnya. Ya, dia menjadi gila!

Namun Subaru tidak sendirian. Dia dibantu seseorang yang menjadi rekan barunya, yaitu Shaula (penjaga Menara Sage sekaligus murid sang Sage). Dalam perjalanan untuk mengembalikan ingatan Subaru, mereka terus membunuh dan membunuh. Setiap bertemu orang lain mereka akan bertanya, apakah dia mengenal Subaru, dan jika orang itu mengenalnya, maka mereka akan membunuhnya. Subaru benar-benar menjadi jahat, ia membunuh semua orang tanpa belas kasihan, termasuk Emilia, orang yang sangat ia cintai.


Saking kejamnya, mereka bahkan menjebol Priestella agar bisa membunuh banyak orang dalam waktu singkat. Watergate City of Priestella merupakan kota yang dirancang khusus untuk membunuh individu kuat seperti penyihir yang ketika berada di dalamnya dengan cara menenggelamkan seluruh kota dengan cepat. Ya, kota itu dimanfaatkan Subaru dan Shaula untuk menjebak seluruh penduduk Priestella, dan menenggelamkan mereka sekaligus. Hanya Reinhard yang bertahan kala itu (cheater bgxsd!).

Pembunuhan berkelanjutan yang dilakukan Subaru membuatnya yakin bahwa orang-orang yang dibunuhnya masih hidup dan menemaninya. Bahkan Subaru kerap berbicara dengan mereka. Kemungkinan hal ini disebabkan Subaru yang membaca Buku Kematian mereka, atau depresi Subaru yang terlalu mendalam. Namun mereka hanya bisa dilihat olehnya, bahkan Shaula yang merupakan seorang murid Sage tak bisa melihat mereka 


Rute berakhir setelah Subaru berbicara dengan Shaula, tatkala mereka berhasil membunuh Reinhard, Subaru akan membunuhnya. Shaula pun mengiyakan hal itu, karena ia merasa hidupnya hanya untuk melayani Subaru. Namun Subaru tetap tidak mengatakan hal yang paling Shaula ingin dengar. Setelah itu, mereka melanjutkan perjalanan dan terus membunuh.

5. IF Pride : Ayamatsu

Rute ini berawal sama seperti awal cerita utama, dimana Subaru menolong Emilia agar tidak dibunuh Elsa. Hanya saja, di rute ini Reinhard tidak ada, meninggalkan Subaru sebagaimana takdirnya.

Cerita berlanjut dimana setelah kematiannya yang ke-81, Subaru berhasil menyelamatkan Emilia. Namun Elsa yang seharusnya menjadi musuh, malah berteman dengan Subaru karena dia menyelamatkannya. Kenapa? Karena saat itu Subaru membuat dua penjaga untuk pergi mengalahkan Elsa, namun Elsa dapat dengan mudah mengalahkannya. Saat itulah Reinhard muncul, namun Subaru membantunya kabur.

Setelah itu, Subaru menjadi dekat dengan kultus penyihir (Witch Cult). Ia berteman dengan Uskup Agung Kemalasan (Arcbishop of Sloth), si Betelgeuse Romanee Conti. Namun Subaru tetap memegang janjinya untuk menyelamatkan Emilia. Sehingga ketika dia mengetahui bahwa Petelgeuse ingin membunuh Emilia, ia menunggu saat yang tepat dan berhasil membunuhnya dengan berulang kali mencoba.

Ketika Kamp Crush memulai ekspedisi untuk menumpas Paus Putih, mereka gagal tanpa adanya Subaru. Yang mana itu bermanfaat baginya, karena artinya Subaru hanya perlu menumpas dua kamp lain agar Emilia menjadi Ratu. Subaru juga menjadikan Kultus Penyihir sebagai target pemusnahannya. Dengan bantuan Roswaal, ia berperan sebagai penjahat dan menjadikan Emilia sebagai Pahlawan (intinya Subaru membunuh teman-temannya di kultus penyihir dan membuat-buat Emilia sebagai orang yang melakukannya).

Semua hal Subaru lakukan demi menjadikan Emilia Ratu Kerajaan Lugnica. Ia menjadi sangat licik dan kejam, menipu dan memutarbalikkan fakta untuk hasratnya. Salah satu rencananya yaitu ketika menargetkan Regulus (Arcbishop of Greed). Subaru lebih memilih untuk membakar semua mansion istri Regulus dan membakar semua istrinya hingga hanya kepala dan tubuh mereka yang tersisa. Subaru mengaku bahwa mereka benci dimanfaatkan oleh Regulus dan memilih membantu Subaru. Regulus shock berat ketika mendengarnya, sehingga Subaru dapat dengan mudah membunuhnya.

Rute ini juga merupakan satu-satunya rute dimana Subaru berhasil mengalahkan Reinhard, meski tidak berhasil membunuhnya. Subaru membuat kekacauan di kota, dan membuat warga percaya bahwa sang pahlawan, Reinhard tidak bisa membereskannya. Subaru membuat publik membenci Reinhard atas kematian banyak orang yang seharusnya bisa ia selamatkan. Tentu saja, Subaru mengalami banyak kematian sampai-sampai dia mulai menangis tidak karuan (sikap Subaru jadi mirip si botolgas),

Cerita berakhir ketika ia dengan sengaja menghampiri Emilia dan membuat Emilia membunuhnya. Sebelum dibunuh, Subaru mulai berbicara dengan Emilia seolah-olah ia dekat dengannya, yang tentu saja membuat Emilia kebingungan. Subaru pun menceritakan bahwa ia melakukan semua ini untuknya, lalu berteriak:

"---Namaku adalah Natsuki Subaru."

"---Uskup Agung KESOMBONGAN, NATSUKI SUBARU !"

6. IF Lust - Butterfly's Dream (Rute Harem)

Rute ini merupakan rute What IF pertama yang dibuat author. Namun author menganggap rute ini hanya untuk bercanda, sehingga setelah beberapa saat dipublikasikan, ia langsung menghapusnya. Selain itu cerita pada rute ini tidak ada hubungannya dengan cerita utama. Rute ini menceritakan dimana Subaru menjadi Raja di Kerajaan Lugnica dan mempunyai banyak istri. Author sendiri mengkonfirmasi bahwa rute ini seharusnya menjadi rute IF Lust. Berharap saja agar author menulis ulang cerita IF Lust ini menjadi lebih baik.


PENUTUP

Gimana? Dengan What IF Route ini apakah pandangan kamu terhadap si Subadrun berubah? Hmm. gak pernah disangka-sangka, si Subaru yang terbilang naif bin culun bisa menjadi badass (wkwk). Salut deh buat authornya, sampe bisa bikin banyak rute alternatif seperti ini. TOP !

Referensi: Re Zero Fandom Wiki, Witchculttranslation, Darkscanlation

Tags: rezero, re zero hajimeru kara isekai seikatsu spoiler, re drowning, re repeating, re erring, re patching

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain