Among Us - Bukan Sekedar Maen Tuduh!


Among Us adalah video game yang dikembangkan oleh Innersloth dan dirilis untuk platform iOS dan Android pada Juni 2018 dan platform PC melalui Steam dua bulan setelahnya. Among Us sendiri merupakan game yang sudah dirilis sejak 2018 lalu, namun belakang ini menjadi viral akibat banyak player yang membuat meme tentang Among Us itu sendiri.

Tapi kok bisa se-viral itu, sih? Seseru itukah game Diantara Kita? Nah, kita bahas aja deh gameplaynya.

 BELAJAR KERJA SAMA DAN SENI MENGELABUI DALAM GAME AMONG US

Dalam Among Us, terdapat tiga map yang bisa dimainkan bersama sembilan player lainnya sehingga total player maksimal mencapai 10 pemain. Tujuan dari game tersebut ditentukan dengan peran yang player dapatkan. Apakah kamu akan mendapatkan peran sebagai crewmate (kru/rekan) atau impostor (peniru).

Jumlah pemain dan impostor sendiri bisa diatur oleh kita, namun pengaturan yang paling sering ditemui adalah 10 Pemain dan 2 Impostor.

1. BERMAIN SEBAGAI CREWMATE

Ketika kamu berperan sebagai Crewmate, kamu harus menyelesaikan task (tugas) yang tersebar didalam map sambil mengawasi gerak-gerik mencurigakan dari player lain.

Kamu juga harus mencoba bertahan hidup dan menggunakan insting detektif kalian bilamana ada salah satu anggota yang terbunuh dan kalian harus mencari dalang dibaliknya, yang tak lain dan tak bukan adalah sang Impostor itu sendiri.

Ada dua kondisi untuk memenangkan game ini sebagai Crewmate: menyelesaikan semua tugas yang ada di map, atau berhasil mengeliminasi impostor yang menyamar diantara para player.

Tips dan Trik:

a. Jika kamu melihat mayat, langsung laporkan. Walau cara ini akan membuat kalian dianggap melakukan self-report, namun ini masih lebih baik daripada dianggap Impostor karena hanya melewatinya atau sekedar diam didekatnya.

b. Jangan pernah pergi sendirian atau hanya berdua. Selain akan terlihat mencurigakan, juga tidak aman karena bisa terbunuh dengan mudah ataupun tidak mempunyai alibi ketika sedang dalam sesi diskusi.

c. Gunakan visual task sebagai alibi (Scanning di Medbay, Membuang sampah, Menembaki Meteor di Weapons, dsb). Hal ini efektif karena apabila impostor mencoba memalsukan task mereka, tidak akan muncul animasinya.

d. Hindari melakukan task bersamaan apabila kalian menjadi crewmate, sehingga jelas mana yang benar-benar melakukan task dan mana yang memalsukan. Jadi, saat kamu atau player di dekatmu melakukan task, cek task status bar. Jika dia benar-benar menjalankan task-nya, maka task status bar akan bertambah.

d. Hafalkan nama ruangan dan nama istilah yang sering digunakan di map supaya bisa berdiskusi dengan lebih efektif.

e. Ketika kalian mati dan menjadi hantu, kalian masih bisa melakukan task sehingga memenangkan game tanpa perlu mengungkap misteri Impostor masih dapat dilakukan.

f. Jangan buang-buang jatah Emergency Meeting, selain mengganggu juga mubazir.

g. Manfaatkan kamera security dan admin untuk memantau gerak gerik mencurigakan pemain.

g. Bijaklah dalam voting, jangan sampai rekan kalian mati sia-sia hanya karena tuduhan yang tidak berdasar. Kumpulkan alibi masing-masing pemain dan curigai mereka yang tidak mempunyai alibi.

f. Apabila kalian dituduh, jelaskan hal apapun yang bisa menjadi alibi. Oleh karena itu poin B dan C sangat penting untuk meminimalisir resiko dituduh.

2. BERMAIN SEBAGAI IMPOSTOR

Ketika kamu mendapatkan peran sebagai Impostor, maka tujuan utama kamu adalah membunuh crewmate satu persatu, sambil meyakinkan mereka bahwa kamu bukanlah sang Impostor.

Benar, yang paling menentukan sukses atau tidaknya kamu adalah keahlian kamu dalam berbohong, meyakinkan dan menyamar.

Tentu, kalian juga harus pandai-pandai memilih tempat dan waktu untuk membunuh agar tidak ketahuan dengan mudah dan mati konyol.

Tips dan Trik:

a. Manfaatkan kemampuan kamu untuk menyabotase benda elektronik atau mekanik. Seperti menyabotase comms agar kamera security tidak berfungsi (kedip merah pada CCTV menandakan bahwa ada seseorang yang sedang mengawasi), ataupun menyabotase pembangkit listrik agar lampu mati dan penglihatan crewmate menjadi terbatas. Dan ketika ada sesuatu yang disabotase, maka tombol Emergency tidak bisa ditekan.

b. Manfaatkan vent untuk bersembunyi dan hafalkan jalur vent tersebut agar bisa mengelabui crewmate mengenai posisi kalian. Namun, gunakan dengan bijak karena cooldown kamu tidak akan berkurang apabila berada didalam vent.

c. Sebisa mungkin, cobalah menyatu dan berbaur dengan para crewmate. Hindari task berbasis visual karena akan dapat dengan mudah ketahuan.

d. Ketika sedang berada dalam sesi diskusi, sebisa mungkin tetap terlihat seperti crewmate yang menggunakan nalarnya untuk memecahkan misteri pembunuhan tersebut. Jangan asal menuduh, karena itu akan membuatmu makin terlihat mencurigakan.

e. Kadangkala, membela crewmate yang dicurigai bisa membuatmu lepas dari kecurigaan.

f. Ketika kawan Impostor kalian dituduh dan sudah tidak ada peluang untuk membersihkan namanya, maka mau tidak mau kalian harus mengikuti pilih crewmate lain. Dan jika kalian yang dituduh, tetaplah tenang dan gunakan kemampuan manipulasi kalian untuk memenangkan hati para crewmate.

g. Ketika kalian tewas dan menjadi hantu, kalian masih bisa membantu kawan Impostor kalian dengan cara sabotase. Hal itu akan mempersulit crewmate untuk memenangkan permainan.

Nah segitu aja tips dan triknya. Kalau kamu punya tips dan trik lainnya coba kasih tahu di komentar. Oh iya, belakangan game Among Us menjadi kurang menyenangkan karena terdapat cheater dan para player yang suka left ketika permainan berlangsung. Kalau kamu salah satu diantaranya, cobalah untuk mengikuti permainan sampai selesai (kalau enggak left karena disconnect ya). Jadi kita semua bisa menikmati fitnahan yang mereka tujukan pada kita. Hihihi xD.

Referensi: Grup Ensiklopedia Bebas di Facebook

Tags: Among Us, Game diantara kita, Tips dan Trik bermain Game Among Us, Cara Agar Menjadi Imposter Di Among Us, Cara Memenangkan Game Sebagai Crewmate.

Bukan manusia!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain