Memahami Virtual Network Editor - Bridged, NAT, dan Host-only pada VMware dan VirtualBox

kz19 - Virtual Network Editor merupakan aplikasi jaringan untuk sistem operasi virtual yang terdapat pada mesin virtual. Dengan adanya Virtual Network Editor ini, sistem operasi virtual dapat terhubung pada jaringan dan berkomunikasi, baik dengan publik, host, maupun sistem operasi virtual lain.

*Perlu Diketahui:

Host
Sistem operasi asli yang menjalankan VMware/VirtualBox.

Guest
Sistem operasi virtual didalamnya VMware/VirtualBox.

Bridged
Metode jaringan virtual yang memungkinkan guest seolah-olah layaknya host. Apabila host terhubung pada wifi, maka guest pun menjadi terhubung ke wifi tersebut.

NAT (Network Address Translator)
Metode jaringan virtual yang memungkinkan guest dapat terhubung dengan host dan guest lainnya dalam jaringan yang sama.

Host-only
Metode jaringan virtual yang memungkinkan guest hanya dapat terhubung pada host.

Sebelum menggunakan virtual OS, sebaiknya kamu setup dulu metode jaringan yang akan kamu gunakan, dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Virtual Network Editor

Klik Edit > Virtual Network Editor lalu klik Change Settings agar kamu dapat mengkonfigurasinya.


a. Metode Bridged

Umumnya metode ini sudah otomatis terdapat pada VMnet0. Kamu tinggal memilih interface yang ingin kamu hubungkan. Contoh, jika kamu ingin menghubungkan WiFI ke guest, maka pada opsi Bridged to pilih interface WiFI. Klik Apply lalu OK.


b. Metode NAT

Tambahkan jaringan virtual  baru dengan cara klik Add Network lalu pilih VMnet yang kamu inginkan. Klik lagi pada VMnet yang baru saja kamu buat, dan pilih metode NAT pada tab VMnet Information.

Connect to a host virtual adapter to  this network : Ceklis (Agar VMnet bisa terhubung guest maupun host)
Use local DHCP Service : Ceklis (Agar pengalokasian IP dilakukan oleh  VMnet, atau bisa disebut DHCP Server)
Subnet IP : IP yang akan digunakan (Network ID)


Selanjutnya klik NAT Settings, lalu Gateway IP isi alamat Server baik itu host  maupun salah satu guest yang nantinya  terhubung.


Terakhir, klik DHCP Settings. Starting IP dan Ending IP merupakan jarak/range pengalokasian IP yang akan berikan DHCP Server kepada klien baik itu host maupun guest, asalkan pada klien IP nya disetting menjadi DHCP. Isi sesuai IP yang kamu berikan.


Selesai, klik Apply lalu OK.

c. Metode Host Only

Tambahkan jaringan virtual  baru dengan cara klik Add Network lalu pilih VMnet yang kamu inginkan. Klik lagi pada VMnet yang baru saja kamu buat, dan pilih metode Host-only pada tab VMnet Information.

Connect to a host virtual adapter to  this network : Ceklis (Agar VMnet bisa terhubung guest maupun host)
Use local DHCP Service : Ceklis (Agar pengalokasian IP dilakukan oleh  VMnet, atau bisa disebut DHCP Server)
Subnet IP : IP yang akan digunakan (Network ID)

Selanjutnya klik DHCP Settings. Starting IP dan Ending IP merupakan jarak/range pengalokasian IP yang akan berikan DHCP Server kepada klien baik itu host maupun guest, asalkan pada klien IP nya disetting menjadi DHCP. Isi sesuai IP yang kamu berikan. Klik Apply lalu OK.


FYI, kamu tidak bisa men-setting Gateway IP, karena guest yang terhubung dengan metode host-only hanya dapat terhubung ke host, yang artinya IP VMnet host-only pada host merupakan Gateway IP nya.

2. Konfigurasi IP Guest dan Host


Setelah men-setup Virtual Network  Editor, kamu  perlu  menghubungkan Guest maupun host dengan metode yang tersedia. Dengan itu, mereka dapat berkomunikasi satu sama lain.

a. Konfigurasi pada Guest

Klik VM > Settings > Network Adapter lalu klik Custom dan pilih VMnet dengan metode yang kamu butuhkan. Jangan lupa  untuk menceklis Connected agar VMnet bekerja pada guest tersebut.


Kamu bisa mengatur IP Address guest di pengaturannya langsung atau di terminal (jika itu Linux) dengan perintah:

#nano /etc/network/interfaces


b. Konfigurasi pada Host

Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Centre > Change Adapter Settings. Disana akan terdapat VMnet-VMnet yang telah kamu buat.



Berdasarkan settingan mimin, maka VMnet1 adalah NAT dan VMnet2 adalah Host-only. Sedangkan Bridged ialah interface lain yang ada, kalo di gambar di bawah adalah Ethernet untuk LAN, dan WiFI untuk WiFi.

Untuk mengkonfigurasi IP Addressnya, klik pada Adapter (cth: VMnet1) > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) lalu pilih opsi Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically karena kita sudah setting VMnet untuk mengalokasikan IP secara DHCP.


Itu saja yang dapat mimin sampaikan kali ini. Kalo ada yang belum jelas, tanyain aja di kolom komentar. Makasih!!!

Posting Komentar

Perhatikan tulisanmu sob, jejak digital itu mengerikan!
© @ezfileid. All rights reserved. Developed by Jago Desain